Menerapkan
Permainan tradisional sebagai media belajar dalam kondisi belajar dari rumah
1.
Latar belakang situasi yang dihadapi
Kondisi yang masih
mengharuskan para siswa belajar dari rumah menantang saya untuk lebih kreatif
lagi dalam melaksanakan dan mengelola pembelajaran yang menitik beratkan pada
penumbuhan motivasi instrinsik siswa dalam proses pembelajaran. Rencana untuk
menggunakan media peermainan tradisional yang sudah direncanakan akan
diaplikasikan disekolah pun menjadi terhambat karena siswa masih diharuskan
belajar dari rumah. Dalam mengatasi tantangan tersebut, saya menggunakan media
yang mudah diakses siswa yaitu Whats Up untuk menjadi media social pilihan saya
dalam mencoba menerapkan proses belajar menggunakan permainan tradisional.
2.
Deskripsi aksi nyata
Pelaksanaan
pembelajaran menggunakan media permainan tradisional merupakan salah satu
program saya. Program ini sudah dimulai dari perencanaan dengan cara
sosialisasi tentang peermainan tradisional itu sendiri hingga bekerja sama
dengan pihak-pihak terkait untuk mewujudkannya. Hal-hal yang sudah terwujud
diantaranya adalah:
-
Sudah siapnya beberapa alat-alat
permainan tradisional di sekolah
-
Sudah siapnya lahan yang akan dibuat
sebagai tempat bermain permainan tradissional
-
Sudah terlihatnya antusias siswa dalam
rencana pelaksanaan pembelajaran menggunakan permainan tradisional
-
Sudah disepakatinya program ini oleh
pimpinan sekolah
Hal-hal yang belum terwujud antara lain:
-
Siswa masih belum bisa melaksanakan
belajar di sekolah dan menggunakan alat permainan tradisional di sekolah karena
masih harus belajar dari rumah
-
Pembuatan lahan bermain untuk siswa
masih belum sempurna karena terkendala proses pembuatan yang tidak sebentar.
(Dokumentasi terlampir)
3.
Hasil dari aksi nyata yang telah
dilakukan
Motivasi siswa mulai
mengalami perbaikan. Mereka merasa bahagia ketika ditanya bagaimana perasaan
mereka setelah belajar dengan menggunakan permainan tradisional tersebut.
Selain itu, tidak ditemukannnya hambatan yang berarti dalam pelaksanaannya
menggambarkan bahwa mereka masih mencintai dan memegang kebudayaan tradisional
yang merupakan hal sangat penting sekali untuk diperhatikan. (Dokumentasi yang
menggambarkan kesenangan para siswa terlampir)
4.
Pembelajaran yang didapat dari
pelaksanaan
Ada beberapa
pembelajaran yang didapatkan setelah menggunakan media permainan tradisional.
Ada keberhasilan yang harus dipertahankan dan juga tantangan yang segera harus
dicarikan solusinya.
Keberhasilan yang
sangat bisa dilihat adalah rasa senang para siswa saat belajar sambil bermain
permainan tradisional yang pada hakekatnya mempunyai kenangan yang sangat luar
biasa bagi mereka. Secara tidak langsung membangkitkan kembali memori-memori
yang bahagia yang akan mempunya efelk positif terhadap motivasi instrinsik
mereka.
Adapun tantangan yang
harus dicarikan solusinya, yang sebenarnya hanya masalah teknis yang dengan
segera dibereskan. Permasalahann tersebut adalah permasalahan komunikasi yang
tidak cepat tersampaikan antara guru dan siswa karena terkendala alat
telekomunikasi untuk beberapa siswa yang tidak memilikinya sendiri sehingga
berdampak pada kuantitas peserta belajar saat itu.
5.
Rencana perbaikan dimasa mendatang
Untuk menyelesaikan
tantangan teknis yang disebutkan diatas, saya akan mencoba memberikan tambahan
waktu dan mengulang lagi pembelajaran sebelumnya agas para siswa yang terlambat
mengikuti kegiatan belajar bisa menyusul. Selain itu saya akan menncoba
menerapkan tutor sebaya untuk memaksimalkan potensi siswa yang sudah mengikuti
pembelajaran dengan tepat waktu.
Berikut ini adalah
dokumentasi dari hasil dan proses pelaksanaanya:
1.
Sudah siapnya beberapa alat-alat
permainan tradisional di sekolah
1. Sudah terlihatnya antusias siswa dalam rencana pelaksanaan pembelajaran menggunakan permainan tradisional
Sudah disepakatinya program ini oleh pimpinan sekolah
Keyakinan yang kuat Dan kerja keras yang kuat serta konsisten akan membuahkan hasil Yang baik
BalasHapusTerimakasih pa atas saran yang luar bisa....
BalasHapus