Selasa, 02 Februari 2021

Aksi Nyata 1.4 ((Lanjutan)

 

Melakukan Pembiasaan  Penggunaan Permainan Tradisional Sebagai Media Belajar Guna Menjaga Kearifan Budaya dan Kebahagiaan Siswa

1.      Latar belakang situasi yang dihadapi

Dalam aksi nyata yang telah dilakukan di 1.3 telah terlihat suatu perubahan yang diharapkan. Sebagian besar siswa merasa telah menemukan kembali perasaan bahagia ketika bermain permainan tradisional. Atas dasar hal tersebut maka saya melanjutkan aksi nyata yang selanjutnya yang bertujuan untuk menjaga perasaan tersebut dan menjadi terbiasa kembali mengenal budaya asli kita sebagai benteng dari dampak negatif dari kemajuan informasi dan tekhnologi sekarang ini.

2.      Deskripsi aksi nyata

Pelaksanaan pembelajaran menggunakan media permainan tradisional merupakan salah satu program yang bisa dan harus selalu dikembangkan. Program ini sudah dimulai dari perencanaan dengan cara sosialisasi tentang permainan tradisional itu sendiri hingga mengembalikan  perasaan yang hilang ketika bermain. Program ini dilanjutkan dalam aksi nyata selanjutnya karena terlihat memiliki perkembangan dan kemajuan dari aksi nyata yang telah dilakukan dari 1.3 antara lain:

-          Para siswa mulai merasakan kembali rasa senang saat melakukan permainan tradisional

-          Tumbuhnya motivasi instrinsik siswa yang bisa dilihat dari antusias mereka dalam melakukan kegiatan belajar.

 (Dokumentasi terlampir)

3.      Hasil dari aksi nyata yang telah dilakukan

Motivasi intrinsik siswa dalam melakukan proses belajar mulai terlihat ada perkembangan . Mereka merasa bahagia ketika ditanya bagaimana perasaan mereka setelah belajar dengan menggunakan permainan tradisional tersebut. Selain itu, tidak ditemukannnya hambatan yang berarti dalam pelaksanaannya menggambarkan bahwa mereka masih mencintai dan memegang kebudayaan tradisional yang merupakan hal sangat penting sekali untuk diperhatikan. (Dokumentasi yang menggambarkan kesenangan para siswa terlampir)

4.      Pembelajaran yang didapat dari pelaksanaan

Ada beberapa pembelajaran yang didapatkan setelah menggunakan media permainan tradisional di bagian 1.4 ini. Ada kemajuan yang harus dipertahankan dan juga tantangan yang segera harus dicarikan solusinya.

Keberhasilan yang sangat bisa dilihat adalah rasa senang para siswa saat belajar sambil bermain permainan tradisional yang pada hakekatnya mempunyai kenangan yang sangat luar biasa bagi mereka. Oleh karena itu perlu dilanjutkan dan dijaga scara konsisten proses belajar sambil bermain ini karena setelah mengembalikan kembali memori-memori yang bahagia yang akan mempunya efek positif terhadap motivasi instrinsik mereka dan rasa antusias dalam belajar.

Tantangan sebelumnya yang diutarakan di bagian 1.3 telah sedikit demi sedikit bisa diselesaikan dengan cara menjaga komunikasi dengan para orang tua siswa.

5.      Rencana perbaikan dimasa  mendatang

Untuk menyelesaikan secara keseluruhan tantangan teknis yang sudah  mulai terselesaikan yang disebutkan diatas, saya akan mencoba terus menjaga komunikasi yang baik dengan para orang tua siswa agar bersama-sama iktu menjaga dalam proses tahapan tumbuh kembang mereka.

Berikut ini adalah dokumentasi dari hasil dan proses pelaksanaanya:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Short Functional Text #Short Message

 Short message is one of the short functional text that show short information from the sender to certain person.  The example  of short mes...