Kamis, 25 Februari 2021

Penerapan tekhnik Pembelajaran Sosial Emosional (PSE)

 

Tabel Penyusunan Teknik  Pembelajaran Kompetensi Sosial dan Emosional

RUANG LINGKUP

KSE

TEKNIK PEMBELAJARAN  KSE (sesuai dengan jenjang pendidikan murid)

RUTIN (waktu khusus  di luar kegiatan akademik)

                                                                             

Pengelolaan diri - mengelola emosi dan fokus

1.      Teknik: Mindful Eating

2.      Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru:

Minta murid-murid mengikuti Model S-S-S untuk mempraktekkan pola makan dengan berkesadaran.

• Sit - minta anak duduk saat makan,

• Slow - minta anak untuk makan secara perlahan • Savor - minta siswa menikmati makanan mereka (mengunyahnya dengan benar, merasakan tekstur dan rasa dari makanan yang mereka makan).

• Ajak murid untuk merefleksikan perbedaan makan dengan berkesadaran dan tidak.

3.      Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid:Minta murid-murid untuk merasakan makanan yang dimakan dengan indra pengecap mereka secara perlahan sedikit demi sedikit agar benar-benar merasakan makanan yang masuk pada mulut mereka. Setelah itu murid-murid diminta untuk membedakan antara makan seperti biasa dengan cara makan yang baru dilaksanakan.

4.      Penjelasan tentang tujuan: Untuk membiasakan murid-murid melakukan pengelolaan diri dengan penuh dengan kesadaran dan control diri. Selain itu juga diajarkan untuk lebih besryukur.

 

 

 

 

Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab

1.      Teknik: Membuat Jurnal Diri

2.      Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru:

Minta murid menyiapkan sebuah buku tulis yang akan mereka sebut sebagai buku jurnal. Minta mereka menggambarkan ataupun menulis tentang apa yang ada di dalam pikiran dan apa yang dirasakan mereka setelah melakukan berbagai kegiatan pada hari tersebut (Apa yang menarik? Apakah hal baru yang saya lihat? Apakah yang berubah dalam perasaan dan pikiran saya? Apakah yang ingin saya pelajari lebih lanjut?)

3.      Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid:

-          Murid-murid diminta untuk menuliskan perasaan mereka setelah melakukan pembelajaran!

-          Bagian mana yang menarik dalam kegiatan yang telah dilaksanakan?

-          Apa yang harus diperbaiki kedepannya?

-          Apa manfaat dari pembelajaran hari ini?

4.      Penjelasan tentang tujuan: Murid-murid dibiasakan untuk melakukan suatu tindakan yang bias mereka pertanggungjawabkan secara sadar. 

 

 

 

 

 

RUANG LINGKUP

KSE

TEKNIK PEMBELAJARAN KSE (sesuai dengan jenjang pendidikan murid)

Terintegrasi dalam mata pelajaran

 

Pengelolaan diri - mengelola emosi dan fokus

1.      Teknik: Kegiatan Role Play Komunikasi Aktif

2.      Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru:

Setiap murid dipersilakan duduk berpasangan untuk kemudian saling bergantian bercerita. Saat satu murid menceritakan tentang materi yang diberikan.. Murid lainnya berusaha mendengarkan dengan seksama dan bertanya apabila ada materi yang belum jelas. Setiap murid diajarkan untuk mendengarkan dengan penuh kesadaran akan cerita temannya dan berusaha tidak menginterupsi saat temannya sedang berbicara. Mereka dapat bertanya, “Lalu?”, “Bagaimana?”Setelah selesai, pencerita berganti sebagai pendengar. Ajak murid untuk merefleksikan apa yang mereka rasakan saat bercerita maupun saat menjadi pendengar.

3.      Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid: Murid-murid diminta untuk saling mendengarkan penjelasan dari temannya. Setelah itu mereka harus mengaplikasikan sifat saling menghargai. Setelah selesai, yang mendengarkan bertukar posisi menjadi pencerita.

4.      Penjelasan tentang tujuan: Membiasakan murid bisa mengelola diri dan menghargai atar sesama dalam diskusi.

 

 

 

Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab

1.      Teknik:

Kegiatan Menulis Pengalaman Bekerjasama Dalam Kelompok

2.      Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru:

      Berikan instruksi kepada murid untuk mengingat Kembali dan memikirkan kejadian/pengalaman yang pernah dialami saat mereka bekerjasama di dalam kelompok. Ajak mereka untuk memikirkan bagaimana kondisi saat diskusi kelompok berjalan dengan baik dan tidak berjalan baik. Adakah konflik dalaam diskusi tersebut? Ajak murid untuk memberikan kemungkinan atau alternatif lain dalam merespon konflik tersebut.

3.      Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid: Setelah selesai berdiskusi pasti ada konflik yang terjadi dalam diskusi tersebut. Pikirkanlah respon terbaik untuk mengatasi konflik tersebut!

4.      Penjelasan tentang tujuan: Murid dilatih untuk mengambil keputusan bertanggungjawab atas suatu permasalahan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RUANG LINGKUP

KSE

TEKNIK PEMBELAJARAN KSE

(sesuai dengan jenjang pendidikan murid)

PROTOKOL (BUDAYA atau TATA TERTIB)

 

Pengelolaan diri - mengelola emosi dan fokus

1.      Teknik: Memeriksa Perasaan Diri

2.      Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru:

      Ajak murid untuk menuliskan tentang perasaan yang dialami/dirasakan dan isi pikirannya setelah menjalani sebuah kegiatan atau peristiwa yang baru/menyenangkan/menantang lainnya. Gunakan bahasa yang disesuaikan dengan jenjang pendidikan murid.

3.      Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid:

Dalam keadaan memejamkan mata, murid diminta untuk merasakan perasaan mereka secara sadar setelah seluruh pembelajaran berakhir. Setelah itu mereka menuliskannya pada kertas dan ditempel di papan perasaan yang disediakan dikelas.

Contoh:

Hari ini

Secara fisik, saya merasa…/Tubuh saya terasa..

Secara mental, saya merasa…/Pikiran saya…….

Secara emosi, saya merasa…/Saya merasa……...

4.      Penjelasan tentang tujuan: Kegiatan ini dilakukan setiap hari setelah pembelajaran berakhir agar murid secara sadar mengetahui perasaan mereka setelah beraktifitas dan bisa mengelolanya

 

 

Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab

1.      Teknik: Menuliskan ucapan terima kasih

2.      Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru:

      Ajak murid untuk memikirkan seseorang telah berbuat baik terhadap mereka. Dorong mereka untuk mengucapkan terima dan penghargaan atas kebaikan yang sudah diterima. Minta mereka untuk menuliskan

perasaan mereka terhadap kebaikan yang diterima. Tambahkan gambar yang berhubungan dengan kata-kata yang ditulis atau gambar apapun yang disukai orang tersebut. Bila memungkinkan, murid juga dapat mengirimkan ucapan tersebut kepada orang yang dituju. Ajak murid merefleksikan perasaan mereka selama melakukan kegiatan ini maupun setelah melakukan kegiatan ini

3.      Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid: Murid diminta untuk menuliskan rasa terima kasih mereka pada siapapun yang dianggap telah berbuat baik hari itu, baik itu guru ataupun teman. Setelah itu murid diminta jika mau bias menyerahkan tulisan tersebut terhadap orang yang dituju secara langsung.

4.      Penjelasan tentang tujuan: Kegiatan ini bertujuan untuk melatih pengambilan keputusan dalam mengemukakan rasa syukur mereka dan merealisasikanya. Kegiatan ini bias dilakukan setiap hari setelah pembelajaran selesai.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Short Functional Text #Short Message

 Short message is one of the short functional text that show short information from the sender to certain person.  The example  of short mes...