Tabel Penyusunan
Teknik Pembelajaran Kompetensi Sosial dan Emosional
RUANG LINGKUP |
KSE |
TEKNIK
PEMBELAJARAN KSE (sesuai dengan jenjang pendidikan murid) |
RUTIN (waktu khusus di luar
kegiatan akademik) |
|
|
Pengelolaan diri -
mengelola emosi dan fokus |
1. Teknik: Mindful Eating 2. Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: Minta
murid-murid mengikuti Model S-S-S untuk mempraktekkan pola makan dengan
berkesadaran. •
Sit - minta anak duduk saat makan, •
Slow - minta anak untuk makan secara perlahan • Savor - minta siswa menikmati
makanan mereka (mengunyahnya dengan benar, merasakan tekstur dan rasa dari
makanan yang mereka makan). •
Ajak murid untuk merefleksikan perbedaan makan dengan berkesadaran dan tidak. 3. Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada
murid:Minta murid-murid untuk merasakan makanan yang dimakan dengan indra
pengecap mereka secara perlahan sedikit demi sedikit agar benar-benar
merasakan makanan yang masuk pada mulut mereka. Setelah itu murid-murid
diminta untuk membedakan antara makan seperti biasa dengan cara makan yang
baru dilaksanakan. 4. Penjelasan tentang tujuan: Untuk membiasakan
murid-murid melakukan pengelolaan diri dengan penuh dengan kesadaran dan
control diri. Selain itu juga diajarkan untuk lebih besryukur. |
|
|
|
|
|
|
|
Pengambilan Keputusan yang Bertanggung
Jawab |
1. Teknik: Membuat Jurnal Diri 2. Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: Minta
murid menyiapkan sebuah buku tulis yang akan mereka sebut sebagai buku
jurnal. Minta mereka menggambarkan ataupun menulis tentang apa yang ada di
dalam pikiran dan apa yang dirasakan mereka setelah melakukan berbagai
kegiatan pada hari tersebut (Apa yang menarik? Apakah hal baru yang saya
lihat? Apakah yang berubah dalam perasaan dan pikiran saya? Apakah yang ingin
saya pelajari lebih lanjut?) 3. Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada
murid: -
Murid-murid diminta
untuk menuliskan perasaan mereka setelah melakukan pembelajaran! -
Bagian mana yang
menarik dalam kegiatan yang telah dilaksanakan? -
Apa yang harus
diperbaiki kedepannya? -
Apa manfaat dari pembelajaran
hari ini? 4. Penjelasan tentang tujuan: Murid-murid
dibiasakan untuk melakukan suatu tindakan yang bias mereka
pertanggungjawabkan secara sadar. |
RUANG LINGKUP |
KSE |
TEKNIK PEMBELAJARAN
KSE (sesuai dengan jenjang pendidikan murid) |
Terintegrasi dalam mata pelajaran |
|
|
Pengelolaan diri -
mengelola emosi dan fokus |
1. Teknik: Kegiatan Role Play Komunikasi
Aktif 2. Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: Setiap
murid dipersilakan duduk berpasangan untuk kemudian saling bergantian
bercerita. Saat satu murid menceritakan tentang materi yang diberikan.. Murid
lainnya berusaha mendengarkan dengan seksama dan bertanya apabila ada materi
yang belum jelas. Setiap murid diajarkan untuk mendengarkan dengan penuh
kesadaran akan cerita temannya dan berusaha tidak menginterupsi saat temannya
sedang berbicara. Mereka dapat bertanya, “Lalu?”, “Bagaimana?”Setelah
selesai, pencerita berganti sebagai pendengar. Ajak murid untuk merefleksikan
apa yang mereka rasakan saat bercerita maupun saat menjadi pendengar. 3. Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada
murid: Murid-murid diminta untuk saling mendengarkan penjelasan dari temannya.
Setelah itu mereka harus mengaplikasikan sifat saling menghargai. Setelah
selesai, yang mendengarkan bertukar posisi menjadi pencerita. 4. Penjelasan tentang tujuan: Membiasakan murid
bisa mengelola diri dan menghargai atar sesama dalam diskusi. |
|
|
|
|
|
||
Pengambilan Keputusan yang Bertanggung
Jawab |
1. Teknik: Kegiatan Menulis Pengalaman Bekerjasama
Dalam Kelompok 2. Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: Berikan
instruksi kepada murid untuk mengingat Kembali dan memikirkan
kejadian/pengalaman yang pernah dialami saat mereka bekerjasama di dalam
kelompok. Ajak mereka untuk memikirkan bagaimana kondisi saat diskusi
kelompok berjalan dengan baik dan tidak berjalan baik. Adakah konflik dalaam
diskusi tersebut? Ajak murid untuk memberikan kemungkinan atau alternatif
lain dalam merespon konflik tersebut. 3. Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada
murid: Setelah selesai berdiskusi pasti ada konflik yang terjadi dalam
diskusi tersebut. Pikirkanlah respon terbaik untuk mengatasi konflik
tersebut! 4. Penjelasan tentang tujuan: Murid dilatih untuk
mengambil keputusan bertanggungjawab atas suatu permasalahan. |
RUANG LINGKUP |
KSE |
TEKNIK PEMBELAJARAN
KSE (sesuai dengan
jenjang pendidikan murid) |
PROTOKOL (BUDAYA atau TATA TERTIB) |
|
|
Pengelolaan diri -
mengelola emosi dan fokus |
1. Teknik: Memeriksa Perasaan Diri 2. Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: Ajak
murid untuk menuliskan tentang perasaan yang dialami/dirasakan dan isi
pikirannya setelah menjalani sebuah kegiatan atau peristiwa yang
baru/menyenangkan/menantang lainnya. Gunakan bahasa yang disesuaikan dengan
jenjang pendidikan murid. 3. Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada
murid: Dalam keadaan
memejamkan mata, murid diminta untuk merasakan perasaan mereka secara sadar
setelah seluruh pembelajaran berakhir. Setelah itu mereka menuliskannya pada
kertas dan ditempel di papan perasaan yang disediakan dikelas. Contoh: Hari ini Secara fisik, saya merasa…/Tubuh saya terasa.. Secara mental, saya merasa…/Pikiran saya……. Secara
emosi, saya merasa…/Saya merasa……... 4. Penjelasan tentang tujuan: Kegiatan ini
dilakukan setiap hari setelah pembelajaran berakhir agar murid secara sadar mengetahui
perasaan mereka setelah beraktifitas dan bisa mengelolanya |
|
|
||
|
||
Pengambilan Keputusan yang Bertanggung
Jawab |
1. Teknik: Menuliskan ucapan terima
kasih 2. Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: Ajak
murid untuk memikirkan seseorang telah berbuat baik terhadap mereka. Dorong
mereka untuk mengucapkan terima dan penghargaan atas kebaikan yang sudah
diterima. Minta mereka untuk menuliskan perasaan mereka terhadap kebaikan yang diterima.
Tambahkan gambar yang berhubungan dengan kata-kata yang ditulis atau gambar
apapun yang disukai orang tersebut. Bila memungkinkan, murid juga dapat
mengirimkan ucapan tersebut kepada orang yang dituju. Ajak murid
merefleksikan perasaan mereka selama melakukan kegiatan ini maupun setelah
melakukan kegiatan ini 3. Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada
murid: Murid diminta untuk menuliskan rasa terima kasih mereka pada siapapun
yang dianggap telah berbuat baik hari itu, baik itu guru ataupun teman.
Setelah itu murid diminta jika mau bias menyerahkan tulisan tersebut terhadap
orang yang dituju secara langsung. 4. Penjelasan tentang tujuan: Kegiatan ini
bertujuan untuk melatih pengambilan keputusan dalam mengemukakan rasa syukur
mereka dan merealisasikanya. Kegiatan ini bias dilakukan setiap hari setelah
pembelajaran selesai. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar