Kamis, 28 Januari 2021

Mewujudkan Kesepakatan Kelas Bersama Siswa Guna Menumbuhkan Tanggung Jawab dan Mandiri

 

Langkah-langkah kesepakatan kelas yang saya rancang bersama dengan para siswa dikelas daring saya antara lain:

1.      Menjelaskan terlebih dahulu tujuan dengan dibuatnya kesepakatan kelas

2.      Membahas bersama-sama konsekuensi yang akan diterapkan ketika kesepakatan kelas dilakukan ataupun dilanggar.

3.      Kesepakatan kelas memuat hal-hal positif yang bisa membangun budaya positif di kelas

4.      Menyepakati bersama hal-hal yang akan dicantumkan dalam kesepakatan kelas yang akan disepakati.

Tindakan yang saya lakukan ketika proses pembahasan kesepakatan kelas pada siswa adalah menuntun mereka berkontribusi aktif untuk turut serta mengeluarkan pendapat mereka terhadap suasana kelas yang nyaman guna mencapai tujuan pembelajaran. Hal tersebut tidak mudah karena pada awalnya mereka tidak mengerti apa yang dimaksud dengan kesepakatan kelas. Setelah saya menjelaskan tentang kesepakatan kelas dan tujuan dibuatnya, mereka perlahan-lahan berani mengelluarkan pendapat mereka  masing-masing. Contoh percakapan saya dengan beberpa murid:

Guru                :  Anak-anak apakah kalian pernah mendengar tentang kesepakatan kelas?

Murid-murid   : (Diam) Tidak ada yang menjawab?

Guru                : Coba Ikhsan (salah satu murid), apakah kamu tahu apa itu kesepakatan kelas?

Ikhsan             : Tidak tahu pak.

Guru                : Baiklah, bapak akan coba jelaskan apa itu kesepakatan kelas dan tujuannya. (guru langsung menjabarkan kesepakatan kelas dan tujuannya)

Guru                : Sekarang apakah kalian mengerti tentang kesepakatan kelas?

Murid-murid   : Mengerti pak

Guru                : Baiklah sekarang kita akan membahas tentang kesepakatan kelas yang akan kita sepakati (Pembahasan pun berjalan dengan upaya guru menuntun murid unntuk mengungkapkan pendapat dan ide mereka.

Guru                : Bagaimana kelas impian kalian?

Murid              : Tidak membosankan, boleh minum dan ngemil, tidak banyak tugas dan PR.

Guru                : Ok bagus sekali, selain itu apalagi supaya kalian ketika belajar merasa nyaman?

Murid              : Tidak saling mengganggu sesama pak.

Ketika kesepakatan kelas telah dibuat, respon siswa sangat kaku sekali. Suasana kelas menjadi sepi seakan-akan mereka dibayang-bayangi oleh suatu aturan yang mereka buat sendiri. Tantangannya adalah membiasakan siswa beraktivitas seperti biasa tanpa merasa tertekan dan tertuntut oleh peraturan atau kesepakatan kelas yang mereka buat dan sepakati bersama. Mungkin karena pembelajaran yang dilakuakn secara daring sehingga siswa tidak bisa sepenuhnya terkontrol secara emosi oleh guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Short Functional Text #Short Message

 Short message is one of the short functional text that show short information from the sender to certain person.  The example  of short mes...