Budaya positif adalah suatu suasana atau keadaan yang bisa mendukung terciptanya lingkungan yang nyaman demi mencapai suatu tujuan. Budaya positif perlu diciptakan di sekolah demi terciptanya tujuan sekolah. Pencapaian tersebut bisa dilakukan dimulai dari diciptakannya budaya positif tersebut di kelas. Ada beberapa unsur yang harus diperhatikan dalam menciptakan hal tersebut, diantaranya adalah:
A. Hubungan pendidik dan peserta didik
Hubungan yang dimaksudkan adalah bukan hanya secara profesionalisme tetapi juga hubungan secara batin. Hal tersebut bisa lebih berpengaruh pada suatu kondisi yang akan dicapai. Motivasi yang terpenting perlu ditumbuhkan adalah motivasi instrinsik yang bisa bertahan lama secara konsisten dalam diri seseorang. Oleh karena itu hubungan pendidik dan peserta ddidik harus diciptakann sedemikian rupa agar tercipta hubungan seperti oranng tua dan anak.
B. Mengedepankan saling menghargai dan mengakui
Terkadang suasana di kelas tidak nyaman karena kurangnya rasa saling mengharga dan mengakui. Rasa terseebut dianggap penting demi mewujudkan perasaan nyaman dalam proses melakssanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Peserta didik ingin juga dilibatkan dalam menentukan alur pembelajaran karena mereka juga terlibat dalam kegiatan tersebut. Penentuan peraturan kelas secara sepihak akan mengikis rasa salin g menghargai dan diakui. Berkolaborasi secara dua arah antara pendidik dan peserta didik dengan cara berdiskusi akan menumbuhkan rasa nyaman dalam belajar.
C. Selalu mengedepankan keteladanan
Sifat keteladanan merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan sekarang ini. Jarangnya ada sosok yang bisa ddijadikan contoh yang konsisten dalam berprilaku yang baik membuat para peserta didik cendrung memiliki rasa berontak dalam hati mereka. Para pendidik sebagai penuntun dan panutan seebaiknya mulai secara konsisten memperlihatkan laku yang baik sesuai kesepakatan yang telah dibuat bersama.
D. Menciptakan pemikiran yang selalu positif
Pemikiran tersebut adalah modal seseorang untuk melakukan suatu proses kemajuan. Tugas pendidik adalah menjadi teladan mencontohkan aplikasi dari konsep tersebut dengan cara selalu memandang setiap laku yang kurang baik oleh peserta didik bukan seutuhnya suatu kesalahan mereka. Ada banyak kontribusi dalam timbulnya hal tersebut termasuk pendidik itu seendiri. Oleh karena itu pemikiran positif perlu diterappkan di lingkungan sekolah agar tercipta budaya positif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar