Selasa, 02 Maret 2021

Tugas Descriptive text

 Describe the following video at least 20 words !




Deskripsikan video di atas paling sedikit 20 kata di kolom komentar!

Kamis, 25 Februari 2021

Penerapan tekhnik Pembelajaran Sosial Emosional (PSE)

 

Tabel Penyusunan Teknik  Pembelajaran Kompetensi Sosial dan Emosional

RUANG LINGKUP

KSE

TEKNIK PEMBELAJARAN  KSE (sesuai dengan jenjang pendidikan murid)

RUTIN (waktu khusus  di luar kegiatan akademik)

                                                                             

Pengelolaan diri - mengelola emosi dan fokus

1.      Teknik: Mindful Eating

2.      Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru:

Minta murid-murid mengikuti Model S-S-S untuk mempraktekkan pola makan dengan berkesadaran.

• Sit - minta anak duduk saat makan,

• Slow - minta anak untuk makan secara perlahan • Savor - minta siswa menikmati makanan mereka (mengunyahnya dengan benar, merasakan tekstur dan rasa dari makanan yang mereka makan).

• Ajak murid untuk merefleksikan perbedaan makan dengan berkesadaran dan tidak.

3.      Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid:Minta murid-murid untuk merasakan makanan yang dimakan dengan indra pengecap mereka secara perlahan sedikit demi sedikit agar benar-benar merasakan makanan yang masuk pada mulut mereka. Setelah itu murid-murid diminta untuk membedakan antara makan seperti biasa dengan cara makan yang baru dilaksanakan.

4.      Penjelasan tentang tujuan: Untuk membiasakan murid-murid melakukan pengelolaan diri dengan penuh dengan kesadaran dan control diri. Selain itu juga diajarkan untuk lebih besryukur.

 

 

 

 

Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab

1.      Teknik: Membuat Jurnal Diri

2.      Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru:

Minta murid menyiapkan sebuah buku tulis yang akan mereka sebut sebagai buku jurnal. Minta mereka menggambarkan ataupun menulis tentang apa yang ada di dalam pikiran dan apa yang dirasakan mereka setelah melakukan berbagai kegiatan pada hari tersebut (Apa yang menarik? Apakah hal baru yang saya lihat? Apakah yang berubah dalam perasaan dan pikiran saya? Apakah yang ingin saya pelajari lebih lanjut?)

3.      Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid:

-          Murid-murid diminta untuk menuliskan perasaan mereka setelah melakukan pembelajaran!

-          Bagian mana yang menarik dalam kegiatan yang telah dilaksanakan?

-          Apa yang harus diperbaiki kedepannya?

-          Apa manfaat dari pembelajaran hari ini?

4.      Penjelasan tentang tujuan: Murid-murid dibiasakan untuk melakukan suatu tindakan yang bias mereka pertanggungjawabkan secara sadar. 

 

 

 

 

 

RUANG LINGKUP

KSE

TEKNIK PEMBELAJARAN KSE (sesuai dengan jenjang pendidikan murid)

Terintegrasi dalam mata pelajaran

 

Pengelolaan diri - mengelola emosi dan fokus

1.      Teknik: Kegiatan Role Play Komunikasi Aktif

2.      Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru:

Setiap murid dipersilakan duduk berpasangan untuk kemudian saling bergantian bercerita. Saat satu murid menceritakan tentang materi yang diberikan.. Murid lainnya berusaha mendengarkan dengan seksama dan bertanya apabila ada materi yang belum jelas. Setiap murid diajarkan untuk mendengarkan dengan penuh kesadaran akan cerita temannya dan berusaha tidak menginterupsi saat temannya sedang berbicara. Mereka dapat bertanya, “Lalu?”, “Bagaimana?”Setelah selesai, pencerita berganti sebagai pendengar. Ajak murid untuk merefleksikan apa yang mereka rasakan saat bercerita maupun saat menjadi pendengar.

3.      Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid: Murid-murid diminta untuk saling mendengarkan penjelasan dari temannya. Setelah itu mereka harus mengaplikasikan sifat saling menghargai. Setelah selesai, yang mendengarkan bertukar posisi menjadi pencerita.

4.      Penjelasan tentang tujuan: Membiasakan murid bisa mengelola diri dan menghargai atar sesama dalam diskusi.

 

 

 

Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab

1.      Teknik:

Kegiatan Menulis Pengalaman Bekerjasama Dalam Kelompok

2.      Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru:

      Berikan instruksi kepada murid untuk mengingat Kembali dan memikirkan kejadian/pengalaman yang pernah dialami saat mereka bekerjasama di dalam kelompok. Ajak mereka untuk memikirkan bagaimana kondisi saat diskusi kelompok berjalan dengan baik dan tidak berjalan baik. Adakah konflik dalaam diskusi tersebut? Ajak murid untuk memberikan kemungkinan atau alternatif lain dalam merespon konflik tersebut.

3.      Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid: Setelah selesai berdiskusi pasti ada konflik yang terjadi dalam diskusi tersebut. Pikirkanlah respon terbaik untuk mengatasi konflik tersebut!

4.      Penjelasan tentang tujuan: Murid dilatih untuk mengambil keputusan bertanggungjawab atas suatu permasalahan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RUANG LINGKUP

KSE

TEKNIK PEMBELAJARAN KSE

(sesuai dengan jenjang pendidikan murid)

PROTOKOL (BUDAYA atau TATA TERTIB)

 

Pengelolaan diri - mengelola emosi dan fokus

1.      Teknik: Memeriksa Perasaan Diri

2.      Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru:

      Ajak murid untuk menuliskan tentang perasaan yang dialami/dirasakan dan isi pikirannya setelah menjalani sebuah kegiatan atau peristiwa yang baru/menyenangkan/menantang lainnya. Gunakan bahasa yang disesuaikan dengan jenjang pendidikan murid.

3.      Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid:

Dalam keadaan memejamkan mata, murid diminta untuk merasakan perasaan mereka secara sadar setelah seluruh pembelajaran berakhir. Setelah itu mereka menuliskannya pada kertas dan ditempel di papan perasaan yang disediakan dikelas.

Contoh:

Hari ini

Secara fisik, saya merasa…/Tubuh saya terasa..

Secara mental, saya merasa…/Pikiran saya…….

Secara emosi, saya merasa…/Saya merasa……...

4.      Penjelasan tentang tujuan: Kegiatan ini dilakukan setiap hari setelah pembelajaran berakhir agar murid secara sadar mengetahui perasaan mereka setelah beraktifitas dan bisa mengelolanya

 

 

Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab

1.      Teknik: Menuliskan ucapan terima kasih

2.      Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru:

      Ajak murid untuk memikirkan seseorang telah berbuat baik terhadap mereka. Dorong mereka untuk mengucapkan terima dan penghargaan atas kebaikan yang sudah diterima. Minta mereka untuk menuliskan

perasaan mereka terhadap kebaikan yang diterima. Tambahkan gambar yang berhubungan dengan kata-kata yang ditulis atau gambar apapun yang disukai orang tersebut. Bila memungkinkan, murid juga dapat mengirimkan ucapan tersebut kepada orang yang dituju. Ajak murid merefleksikan perasaan mereka selama melakukan kegiatan ini maupun setelah melakukan kegiatan ini

3.      Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid: Murid diminta untuk menuliskan rasa terima kasih mereka pada siapapun yang dianggap telah berbuat baik hari itu, baik itu guru ataupun teman. Setelah itu murid diminta jika mau bias menyerahkan tulisan tersebut terhadap orang yang dituju secara langsung.

4.      Penjelasan tentang tujuan: Kegiatan ini bertujuan untuk melatih pengambilan keputusan dalam mengemukakan rasa syukur mereka dan merealisasikanya. Kegiatan ini bias dilakukan setiap hari setelah pembelajaran selesai.

 

 

Selasa, 23 Februari 2021

Descriptive Text #1

 Descriptive Text adalah bacaan yang menggambarkan sesuatu baik itu benda, manusia ataupun binatang melalui wujudnya, sifat ataupun kondisinya. Ada dua  unsur dari descriptive text; Identification dan description.

Identification adalah pembukaan, kita menuliskan secara garis besar tentang apa yang ingin kita gambarkan.

Description adalah bagian dimana kita menggambarkan sesuatu baik dari wujudnya ataupun sifatnya. 

 Contoh teks deskripsi;

My Beautiful Cat

I have a beautiful cat named Marko. He is a male. I love my cat.

He has a beautiful color. It is orange. He has a big bone so his body is so big. He eat a lot of dry food for cat. His hobby is sleeping. I love my cat so much.

Tugas 1!

Silahkan buat teks deskripsi secara singkat. Tulis di kolom komentar!

Selasa, 16 Februari 2021

Past Tense #2

 Read the following text and answer the questions!

I had a beautiful childhood. Sunday was my unforgettable day. In the Sunday morning, watched cartoon program was my first activities. Finished, my friends were waiting for me to play football near my house. It was not ordinary professional football games but just for fun. About 60 minutes we were having fun play football at the field. Felt hungry, we came home to have some lunch. We were regroup soon to get lunch together.

In the afternoon we went to the river to take a bath and swim there. The water was fresh and clean so we were able to play happily. After that we prepared for our religious activities together. Those were my missing activities. 

1. What is the suitable tittle of the text?

2. What was day that unforgettable?

3. What was the first activity?

4. Where was the writer play football?

5. What did the writer do in the afternoon?


Pembelajaran Berdiferensiasi

 


Selasa, 09 Februari 2021

Simple Past Tense#1

 Sebelum kita mempelajari tentang Simple Past Tense, Jawablah pertanyaan berikut ini di kolom komentar!

1. What is the activities done last week? (pembelajaran apa yang dilaksanakan minggu yang lalu)

2. Do you like the activities last week?Why?

Setelah menjawab pertanyaan, perhatikan materi berikut ini!

Simple Past Tense adalah Suatu bentuk waktu yang telah terjadi di masa lalu. Oleh karena itu ada beberapa ciri dari Simple Past Tense ini, diantaranya?

a. Mennggunakan to be ke-2 (WAS/WERE) dan juga kata kerja ke -2

b. Mempunyai kata yang menerangkan waktu yang sudah berlalu seperti ; yesterday (kemarin). last week (minggu yang lalu) ataupun last month (bulan yang lalu)

Contoh kalimat:

1. Budi went to Surabaya yesterday. Budi prgi ke Surabaya kemarin.

 Ket: Budi sebagai Subjek

        Went adalah kata kerja ke -2 yang asal katanya adalah go

        Surabaya adalah objek

        Kemarin adalah kata keterangan waktu lampau

2. They were here last week. Mereka ada disini minggu yang lalu.

Ket: They sebagai Subjek

        Were adalah to be ke-2 yang asalnya adalah are

        here adalah keterangan tempat

    last week adalah keterangan waktu

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING

RPP 3.9 dan 4.9

 

Sekolah                                   : SMPN 2 Leuwisadeng

Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris

Kelas /Semester                      : VIII/Genap

Materi Pokok                          : Degree of Comparison(Comparative Degree)

Keterampilan Berbahasa       : Writing

Tahun Pelajaran                     : 2020-2021

Alokasi Waktu                        : 2 x 40 menit  (pertemuan ke-2)

Nama                                      : Erby P Putra

 

A.     Kompetensi Inti

KI 1 menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

KI 2 menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KI 3 memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahuannya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

KI 4 mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

 

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

NO

Kompetensi Dasar (KD)

Indikator Pencapaian  Kompetensi (IPK)

1

3.9 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks,dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunannya (Perhatikan unsur kebahasaan degree of comparison)

3.9.1        membandingkan  ungkapan perbandingan lebih dari (comparative degree) :  ...er and more... dari contoh yang diberikan

 

 

2

4.9    Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

4.9.1        membuat  kalimat sederhana menggunakan ungkapan perbandingan lebih dari (comparative degree) :…er,and more ...”  berdasarkan permainan yang dimainkan

 

C.     TujuanPembelajaran

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran ungkapan perbandingan lebih dari (comparative degree): ...er, and more ... peserta didik secara mandiri, bekerjasama dan percaya diri dapat:

1.         membandingkan ungkapan perbandingan lebih dari (comparative degree) : “ ...er, and more ...” dari contoh yang diberikan  tentang degree of comparison

2.         membuat  kalimat sederhana menggunakan ungkapan perbandingan lebih dari (comparative degree) :…er,and more ...”  berdasarkan permainan yang dimainkan.

 

D.     Materi Pembelajaran

Degree of Comparison : ungkapan perbandingan lebih dari (comparative degree)

ü  Fungsi sosial

ü  Struktur teks

ü  Unsur kebahasaan

 

E.     MetodePembelajaran

1.      Pendekatan                  :  Scientific Learning

2.      Model Pembelajaran    : Collaborative Learning

3.    Metode                                     : Discussion, Games (Permainan tradisional)

 

F.      Media Pembelajaran

 

1.      BahanTayang :

Materi (belajardiburuan.blogspot.com)           

2.    Permainan Tradisional yang dimainkan di rumah

3.    Grup Whats Up

 

 

G.    Langkah-langkah Pembelajaran

Langkah Pembelajaran

Deskripsi

Alokasi waktu

1.    Kegiatan Pendahuluan (Dilaksanakan di grup WA)

 

 

 

2.    Peserta didik merespon salam dari guru. Peserta didik membaca do’a sebelum belajar

3.    Peserta didik menjawab absen.

4.    Peserta didik menyampaikan kepada guru tentang kesiapan belajar, baik psikis dan fisik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

5.    Peserta didik memilih dan memainkan permainan tradisional sesuai minat dan hobi mereka (70% peserta didik memilih permainan yang mengandung banyak gerakan karena mereka suka berolah raga dan sisanya memilih permainan yang merangkai/membuat sesuatu karena merasa lebih senang berkarya).

6.    Peserta didik diberi motivasi melalui penayangan video yang berkaitan dengan materi pembelajaran.

 

https://www.youtube.com/watch?v=V_8CvvwT-Gg

15 menit

Kegiatan Inti

(Dilaksanakan di grup WA)

 

 

Mengobservasi

1.    Peserta didik mengamati permainan tradisional yang telah dilaksanakan dan diberikan contoh  yang beragam tentang ungkapan perbandingan lebih dari (comparative form) mengenai dua permainan tradisional yang telah dimainkan

2.    Peserta didik diminta memberikan respon dalam memahami konsep dasar materi berdasarkan contoh yang diberikan.

3.    Peserta didik secara berkelompok (kelompok dibuat berdasarkan dari pengetahuan mereka yang digambarkan dari respon sebelumnya terhadap konsep materi) mendiskusikan materi (yang telah disesuaikan berdasarkan kesiapan awal mereka) yang diberikaan.

Menanya

4.    Peserta didik berkesempatan mengajukan pertanyaan mengenai comparative degree.

5.    Peserta didik diberikan stimulus pertanyaan, misalnya :

Are the Egrang game is more difficult  than marbel game?

Menganalisa

6.    Peserta didik dibagi menjadi 3 kelompok  ;A(telah memahami konsep dan dapat mengaplikasikannya ke kehidupan sehari-hari), B(memahami konsep tapi belum bisa mengaplikasikannya ke kehidupan sehari-hari) dan C (belum memahami konsep). Pembagian kelompok disesuaiakan dengan kesiapan peserta didik saat merespon konsep pada kegiatan sebelumnya.

7.    Peserta didik menganalisa dan membahas fungsi sosial dan struktur teks  ungkapan perbandingan lebih dari (comparative form) secara berkelompok (untuk kelompok A  diminta mengerjakan soal-soal tantangan yang mengaplikasikan konsep materi dalam kehidupan sehari-hari  , kelompok B  menggunakan bantuan berupa membandingkan 2 permainan yang konkret telah dilaksanakan dan jika mengalami kesulitan bisa bertanya ke kelompok A, untuk kelompok C guru akan menjelaskan konsep materi secara mendasar dan akan melakukan skafolding. (soal terlampir)

Mengasosiasi

8.    Peserta didik mengasosiasikan kata kunci yang diberikan ke dalam kalimat comparative degree berdasarkan  contoh yang diberikan.

Mengkomunikasikan                                                     

9.    70 % Peserta didik diminta membuat kalimat perbandingan sederhana yang mengungkapkan comparative degree berdasarkan dua permainan tradisional yang memiliki aktivitas yang mengandung banyak gerakan.

10.             30% peserta didik diminta untuk   membuat kalimat perbandingan sederhana yang mengungkapkan comparative degree berdasarkan dua permainan tradisional yang memiliki  kegiatan merangkai/membuat sesuatu.

45 menit

Kegiatan Penutup

11.             Peserta didik membuat kesimpulan dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

12.             Peserta didik diberikan feedback terkait kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.

13.             Peserta didik diberi tugas rumah berupa membaca materi untuk pertemuan berikutnya (superlative degree).

14.             Peserta didik membaca do’a sesudah belajar.

 

20 menit

 

H.    Sumber Belajar

o   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

o   bahan ajar Internet :

a)    https://www.youtube.com/watch?v=V_8CvvwT-Gg (taken on Monday, 25 March 2019 at 8.39 a.m.)

b)   https://bermaindiburuan.blogspot.com

 

I.       Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

1. Teknik Penilaian(terlampir di lampiran 2)

1.     Teknik penilaian :       

a.    Penilaian sikap                : Observasi /Pengamatan

b.    Penilaian pegetahuan      : Tes Tulis   

c.    Penilaian keterampilan    : Tes Tulis   

 

2.Pembelajaran Remedial:

Peserta didik yang belum mencapai KKM  dilakukan pembelajaran remedial melalui quipper dan diberikan tes formatif dengan soal yang berbeda tentang degree of comparison comparative form.

3.Pembelajaran Pengayaan:

Bagi peserta didik yang nilainya mencapai KKM  dilakukan pembelajaran pengayaan dengan menggali informasi detail di dalam degree of comparison yang lebih panjang yang menuntut kemampuan berpikir lebih tinggi.

 

 

 

           

Bogor,    Januari 2021

Mengetahui :  

Guru Pamong Mata Plajaran

 

                      

 

 

 

Erby P Putra.

                                                                                     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Short Functional Text #Short Message

 Short message is one of the short functional text that show short information from the sender to certain person.  The example  of short mes...