Describe the following video at least 20 words !
Selasa, 02 Maret 2021
Kamis, 25 Februari 2021
Penerapan tekhnik Pembelajaran Sosial Emosional (PSE)
Tabel Penyusunan
Teknik Pembelajaran Kompetensi Sosial dan Emosional
RUANG LINGKUP |
KSE |
TEKNIK
PEMBELAJARAN KSE (sesuai dengan jenjang pendidikan murid) |
RUTIN (waktu khusus di luar
kegiatan akademik) |
|
|
Pengelolaan diri -
mengelola emosi dan fokus |
1. Teknik: Mindful Eating 2. Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: Minta
murid-murid mengikuti Model S-S-S untuk mempraktekkan pola makan dengan
berkesadaran. •
Sit - minta anak duduk saat makan, •
Slow - minta anak untuk makan secara perlahan • Savor - minta siswa menikmati
makanan mereka (mengunyahnya dengan benar, merasakan tekstur dan rasa dari
makanan yang mereka makan). •
Ajak murid untuk merefleksikan perbedaan makan dengan berkesadaran dan tidak. 3. Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada
murid:Minta murid-murid untuk merasakan makanan yang dimakan dengan indra
pengecap mereka secara perlahan sedikit demi sedikit agar benar-benar
merasakan makanan yang masuk pada mulut mereka. Setelah itu murid-murid
diminta untuk membedakan antara makan seperti biasa dengan cara makan yang
baru dilaksanakan. 4. Penjelasan tentang tujuan: Untuk membiasakan
murid-murid melakukan pengelolaan diri dengan penuh dengan kesadaran dan
control diri. Selain itu juga diajarkan untuk lebih besryukur. |
|
|
|
|
|
|
|
Pengambilan Keputusan yang Bertanggung
Jawab |
1. Teknik: Membuat Jurnal Diri 2. Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: Minta
murid menyiapkan sebuah buku tulis yang akan mereka sebut sebagai buku
jurnal. Minta mereka menggambarkan ataupun menulis tentang apa yang ada di
dalam pikiran dan apa yang dirasakan mereka setelah melakukan berbagai
kegiatan pada hari tersebut (Apa yang menarik? Apakah hal baru yang saya
lihat? Apakah yang berubah dalam perasaan dan pikiran saya? Apakah yang ingin
saya pelajari lebih lanjut?) 3. Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada
murid: -
Murid-murid diminta
untuk menuliskan perasaan mereka setelah melakukan pembelajaran! -
Bagian mana yang
menarik dalam kegiatan yang telah dilaksanakan? -
Apa yang harus
diperbaiki kedepannya? -
Apa manfaat dari pembelajaran
hari ini? 4. Penjelasan tentang tujuan: Murid-murid
dibiasakan untuk melakukan suatu tindakan yang bias mereka
pertanggungjawabkan secara sadar. |
RUANG LINGKUP |
KSE |
TEKNIK PEMBELAJARAN
KSE (sesuai dengan jenjang pendidikan murid) |
Terintegrasi dalam mata pelajaran |
|
|
Pengelolaan diri -
mengelola emosi dan fokus |
1. Teknik: Kegiatan Role Play Komunikasi
Aktif 2. Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: Setiap
murid dipersilakan duduk berpasangan untuk kemudian saling bergantian
bercerita. Saat satu murid menceritakan tentang materi yang diberikan.. Murid
lainnya berusaha mendengarkan dengan seksama dan bertanya apabila ada materi
yang belum jelas. Setiap murid diajarkan untuk mendengarkan dengan penuh
kesadaran akan cerita temannya dan berusaha tidak menginterupsi saat temannya
sedang berbicara. Mereka dapat bertanya, “Lalu?”, “Bagaimana?”Setelah
selesai, pencerita berganti sebagai pendengar. Ajak murid untuk merefleksikan
apa yang mereka rasakan saat bercerita maupun saat menjadi pendengar. 3. Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada
murid: Murid-murid diminta untuk saling mendengarkan penjelasan dari temannya.
Setelah itu mereka harus mengaplikasikan sifat saling menghargai. Setelah
selesai, yang mendengarkan bertukar posisi menjadi pencerita. 4. Penjelasan tentang tujuan: Membiasakan murid
bisa mengelola diri dan menghargai atar sesama dalam diskusi. |
|
|
|
|
|
||
Pengambilan Keputusan yang Bertanggung
Jawab |
1. Teknik: Kegiatan Menulis Pengalaman Bekerjasama
Dalam Kelompok 2. Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: Berikan
instruksi kepada murid untuk mengingat Kembali dan memikirkan
kejadian/pengalaman yang pernah dialami saat mereka bekerjasama di dalam
kelompok. Ajak mereka untuk memikirkan bagaimana kondisi saat diskusi
kelompok berjalan dengan baik dan tidak berjalan baik. Adakah konflik dalaam
diskusi tersebut? Ajak murid untuk memberikan kemungkinan atau alternatif
lain dalam merespon konflik tersebut. 3. Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada
murid: Setelah selesai berdiskusi pasti ada konflik yang terjadi dalam
diskusi tersebut. Pikirkanlah respon terbaik untuk mengatasi konflik
tersebut! 4. Penjelasan tentang tujuan: Murid dilatih untuk
mengambil keputusan bertanggungjawab atas suatu permasalahan. |
RUANG LINGKUP |
KSE |
TEKNIK PEMBELAJARAN
KSE (sesuai dengan
jenjang pendidikan murid) |
PROTOKOL (BUDAYA atau TATA TERTIB) |
|
|
Pengelolaan diri -
mengelola emosi dan fokus |
1. Teknik: Memeriksa Perasaan Diri 2. Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: Ajak
murid untuk menuliskan tentang perasaan yang dialami/dirasakan dan isi
pikirannya setelah menjalani sebuah kegiatan atau peristiwa yang
baru/menyenangkan/menantang lainnya. Gunakan bahasa yang disesuaikan dengan
jenjang pendidikan murid. 3. Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada
murid: Dalam keadaan
memejamkan mata, murid diminta untuk merasakan perasaan mereka secara sadar
setelah seluruh pembelajaran berakhir. Setelah itu mereka menuliskannya pada
kertas dan ditempel di papan perasaan yang disediakan dikelas. Contoh: Hari ini Secara fisik, saya merasa…/Tubuh saya terasa.. Secara mental, saya merasa…/Pikiran saya……. Secara
emosi, saya merasa…/Saya merasa……... 4. Penjelasan tentang tujuan: Kegiatan ini
dilakukan setiap hari setelah pembelajaran berakhir agar murid secara sadar mengetahui
perasaan mereka setelah beraktifitas dan bisa mengelolanya |
|
|
||
|
||
Pengambilan Keputusan yang Bertanggung
Jawab |
1. Teknik: Menuliskan ucapan terima
kasih 2. Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: Ajak
murid untuk memikirkan seseorang telah berbuat baik terhadap mereka. Dorong
mereka untuk mengucapkan terima dan penghargaan atas kebaikan yang sudah
diterima. Minta mereka untuk menuliskan perasaan mereka terhadap kebaikan yang diterima.
Tambahkan gambar yang berhubungan dengan kata-kata yang ditulis atau gambar
apapun yang disukai orang tersebut. Bila memungkinkan, murid juga dapat
mengirimkan ucapan tersebut kepada orang yang dituju. Ajak murid
merefleksikan perasaan mereka selama melakukan kegiatan ini maupun setelah
melakukan kegiatan ini 3. Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada
murid: Murid diminta untuk menuliskan rasa terima kasih mereka pada siapapun
yang dianggap telah berbuat baik hari itu, baik itu guru ataupun teman.
Setelah itu murid diminta jika mau bias menyerahkan tulisan tersebut terhadap
orang yang dituju secara langsung. 4. Penjelasan tentang tujuan: Kegiatan ini
bertujuan untuk melatih pengambilan keputusan dalam mengemukakan rasa syukur
mereka dan merealisasikanya. Kegiatan ini bias dilakukan setiap hari setelah
pembelajaran selesai. |
Selasa, 23 Februari 2021
Descriptive Text #1
Descriptive Text adalah bacaan yang menggambarkan sesuatu baik itu benda, manusia ataupun binatang melalui wujudnya, sifat ataupun kondisinya. Ada dua unsur dari descriptive text; Identification dan description.
Identification adalah pembukaan, kita menuliskan secara garis besar tentang apa yang ingin kita gambarkan.
Description adalah bagian dimana kita menggambarkan sesuatu baik dari wujudnya ataupun sifatnya.
Contoh teks deskripsi;
My Beautiful Cat
I have a beautiful cat named Marko. He is a male. I love my cat.
He has a beautiful color. It is orange. He has a big bone so his body is so big. He eat a lot of dry food for cat. His hobby is sleeping. I love my cat so much.
Tugas 1!
Silahkan buat teks deskripsi secara singkat. Tulis di kolom komentar!
Selasa, 16 Februari 2021
Past Tense #2
Read the following text and answer the questions!
I had a beautiful childhood. Sunday was my unforgettable day. In the Sunday morning, watched cartoon program was my first activities. Finished, my friends were waiting for me to play football near my house. It was not ordinary professional football games but just for fun. About 60 minutes we were having fun play football at the field. Felt hungry, we came home to have some lunch. We were regroup soon to get lunch together.
In the afternoon we went to the river to take a bath and swim there. The water was fresh and clean so we were able to play happily. After that we prepared for our religious activities together. Those were my missing activities.
1. What is the suitable tittle of the text?
2. What was day that unforgettable?
3. What was the first activity?
4. Where was the writer play football?
5. What did the writer do in the afternoon?
Selasa, 09 Februari 2021
Simple Past Tense#1
Sebelum kita mempelajari tentang Simple Past Tense, Jawablah pertanyaan berikut ini di kolom komentar!
1. What is the activities done last week? (pembelajaran apa yang dilaksanakan minggu yang lalu)
2. Do you like the activities last week?Why?
Setelah menjawab pertanyaan, perhatikan materi berikut ini!
Simple Past Tense adalah Suatu bentuk waktu yang telah terjadi di masa lalu. Oleh karena itu ada beberapa ciri dari Simple Past Tense ini, diantaranya?
a. Mennggunakan to be ke-2 (WAS/WERE) dan juga kata kerja ke -2
b. Mempunyai kata yang menerangkan waktu yang sudah berlalu seperti ; yesterday (kemarin). last week (minggu yang lalu) ataupun last month (bulan yang lalu)
Contoh kalimat:
1. Budi went to Surabaya yesterday. Budi prgi ke Surabaya kemarin.
Ket: Budi sebagai Subjek
Went adalah kata kerja ke -2 yang asal katanya adalah go
Surabaya adalah objek
Kemarin adalah kata keterangan waktu lampau
2. They were here last week. Mereka ada disini minggu yang lalu.
Ket: They sebagai Subjek
Were adalah to be ke-2 yang asalnya adalah are
here adalah keterangan tempat
last week adalah keterangan waktu
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
DARING
RPP 3.9 dan 4.9
Sekolah : SMPN 2 Leuwisadeng
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas /Semester : VIII/Genap
Materi Pokok : Degree of Comparison(Comparative Degree)
Keterampilan Berbahasa :
Writing
Tahun Pelajaran : 2020-2021
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (pertemuan ke-2)
Nama :
Erby P Putra
A. Kompetensi Inti
KI 1 menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahuannya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
NO |
Kompetensi Dasar (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK) |
1 |
3.9 Menerapkan fungsi sosial, struktur
teks,dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait perbandingan jumlah
dan sifat orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunannya (Perhatikan
unsur kebahasaan degree of comparison) |
3.9.1
membandingkan ungkapan perbandingan
lebih dari (comparative
degree) : ...er and more... dari contoh yang diberikan |
2 |
4.9 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis
sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks. |
4.9.1
membuat kalimat sederhana menggunakan ungkapan
perbandingan lebih dari (comparative degree) :…er,and more
...” berdasarkan permainan yang dimainkan |
C. TujuanPembelajaran
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran ungkapan perbandingan lebih dari (comparative
degree): ...er, and more ... peserta didik secara
mandiri, bekerjasama dan percaya diri dapat:
1.
membandingkan ungkapan perbandingan lebih dari (comparative degree) : “ ...er,
and more ...” dari contoh yang diberikan tentang degree
of comparison
2.
membuat kalimat sederhana
menggunakan ungkapan perbandingan lebih dari (comparative degree) :…er,and
more ...” berdasarkan permainan yang dimainkan.
D. Materi Pembelajaran
Degree of Comparison : ungkapan perbandingan lebih dari (comparative degree)
ü Fungsi sosial
ü Struktur teks
ü Unsur kebahasaan
E.
MetodePembelajaran
1.
Pendekatan : Scientific
Learning
2. Model
Pembelajaran : Collaborative
Learning
3.
Metode : Discussion, Games
(Permainan tradisional)
F.
Media
Pembelajaran
1. BahanTayang :
Materi
(belajardiburuan.blogspot.com)
2.
Permainan
Tradisional yang dimainkan di rumah
3.
Grup
Whats Up
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
Langkah
Pembelajaran |
Deskripsi |
Alokasi
waktu |
1.
Kegiatan Pendahuluan (Dilaksanakan di
grup WA) |
2.
Peserta didik merespon salam dari guru. Peserta didik membaca do’a sebelum
belajar 3.
Peserta didik menjawab absen. 4.
Peserta didik menyampaikan kepada guru tentang kesiapan belajar, baik
psikis dan fisik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. 5.
Peserta didik memilih dan memainkan permainan tradisional sesuai minat dan hobi mereka (70% peserta
didik memilih permainan yang mengandung banyak gerakan karena mereka suka
berolah raga dan sisanya memilih permainan yang merangkai/membuat sesuatu
karena merasa lebih senang berkarya). 6.
Peserta didik diberi motivasi melalui penayangan video yang berkaitan
dengan materi pembelajaran. |
15 menit |
Kegiatan Inti (Dilaksanakan di
grup WA) |
Mengobservasi 1.
Peserta didik mengamati permainan tradisional yang telah dilaksanakan
dan diberikan contoh yang beragam tentang ungkapan perbandingan lebih dari (comparative
form) mengenai dua permainan
tradisional yang telah dimainkan 2.
Peserta didik diminta memberikan respon dalam memahami konsep dasar
materi berdasarkan contoh yang diberikan. 3.
Peserta didik secara
berkelompok (kelompok dibuat berdasarkan dari pengetahuan mereka yang
digambarkan dari respon sebelumnya terhadap konsep materi) mendiskusikan
materi (yang telah disesuaikan berdasarkan kesiapan awal mereka) yang
diberikaan. Menanya 4.
Peserta didik
berkesempatan mengajukan pertanyaan mengenai comparative degree. 5.
Peserta didik diberikan
stimulus pertanyaan, misalnya : Are the Egrang game is more
difficult than marbel game? Menganalisa 6.
Peserta didik dibagi
menjadi 3 kelompok ;A(telah memahami konsep dan dapat
mengaplikasikannya ke kehidupan sehari-hari),
B(memahami konsep tapi belum bisa mengaplikasikannya ke kehidupan
sehari-hari) dan C (belum memahami konsep). Pembagian kelompok disesuaiakan
dengan kesiapan peserta didik saat merespon konsep pada kegiatan sebelumnya. 7.
Peserta didik menganalisa
dan membahas fungsi sosial dan struktur teks ungkapan perbandingan lebih
dari (comparative form) secara berkelompok (untuk kelompok A diminta mengerjakan soal-soal
tantangan yang mengaplikasikan konsep materi dalam kehidupan sehari-hari , kelompok
B menggunakan
bantuan berupa membandingkan 2 permainan
yang konkret telah dilaksanakan dan
jika mengalami kesulitan bisa bertanya ke kelompok A, untuk kelompok C guru
akan menjelaskan konsep materi secara mendasar dan akan melakukan skafolding.
(soal terlampir) Mengasosiasi 8.
Peserta didik mengasosiasikan
kata kunci yang diberikan ke dalam kalimat comparative degree
berdasarkan contoh yang diberikan. Mengkomunikasikan
9. 70 % Peserta didik diminta membuat kalimat perbandingan
sederhana yang mengungkapkan comparative
degree berdasarkan dua
permainan tradisional yang memiliki aktivitas yang mengandung banyak gerakan. 10.
30% peserta didik diminta untuk membuat kalimat perbandingan
sederhana yang mengungkapkan comparative
degree berdasarkan dua
permainan tradisional yang memiliki kegiatan merangkai/membuat
sesuatu. |
45
menit |
Kegiatan Penutup |
11.
Peserta didik membuat kesimpulan dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan. 12.
Peserta didik diberikan feedback terkait kegiatan
pembelajaran yang telah dilakukan. 13.
Peserta didik diberi tugas rumah berupa membaca materi
untuk pertemuan berikutnya (superlative
degree). 14.
Peserta didik membaca do’a sesudah belajar. |
20
menit |
H.
Sumber Belajar
o
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
o
bahan
ajar Internet :
a)
https://www.youtube.com/watch?v=V_8CvvwT-Gg (taken on Monday, 25 March 2019 at 8.39 a.m.)
b)
https://bermaindiburuan.blogspot.com
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian(terlampir di lampiran 2)
1.
Teknik
penilaian :
a. Penilaian sikap : Observasi /Pengamatan
b. Penilaian pegetahuan : Tes Tulis
c. Penilaian keterampilan : Tes Tulis
2.Pembelajaran Remedial:
Peserta didik
yang belum mencapai KKM dilakukan pembelajaran
remedial melalui quipper dan diberikan
tes formatif dengan soal yang berbeda tentang degree of comparison comparative form.
3.Pembelajaran Pengayaan:
Bagi peserta didik yang nilainya mencapai KKM dilakukan pembelajaran pengayaan dengan
menggali informasi detail di dalam degree
of comparison yang lebih panjang yang menuntut kemampuan berpikir lebih
tinggi.
Bogor, Januari 2021
Mengetahui
:
Guru
Pamong Mata Plajaran
Erby
P Putra.
Short Functional Text #Short Message
Short message is one of the short functional text that show short information from the sender to certain person. The example of short mes...
-
Apa itu tahapan BAGJA? Dari nama nya seakan mengandung arti setiap proses pencarian solusi dilakukan dengan penuh kebahagiaan. BAGJA beras...
-
Definisi dari pembelajarab berdiferensiasi adalah pembelajaran yang adil bagi siswa. Artinya pembelajaran yang memenuhi kebutuhan bela...
-
Short message is one of the short functional text that show short information from the sender to certain person. The example of short mes...