RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
DARING
RPP 3.9 dan 4.9
Sekolah : SMPN 2 Leuwisadeng
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas /Semester : VIII/Genap
Materi Pokok : Degree of Comparison(Comparative Degree)
Keterampilan Berbahasa :
Writing
Tahun Pelajaran : 2020-2021
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (pertemuan ke-2)
Nama :
Erby P Putra
A. Kompetensi Inti
KI 1 menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahuannya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
NO |
Kompetensi Dasar (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK) |
1 |
3.9 Menerapkan fungsi sosial, struktur
teks,dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait perbandingan jumlah
dan sifat orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunannya (Perhatikan
unsur kebahasaan degree of comparison) |
3.9.1
membandingkan ungkapan perbandingan
lebih dari (comparative
degree) : ...er and more... dari contoh yang diberikan |
2 |
4.9 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis
sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks. |
4.9.1
membuat kalimat sederhana menggunakan ungkapan
perbandingan lebih dari (comparative degree) :…er,and more
...” berdasarkan permainan yang dimainkan |
C. TujuanPembelajaran
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran ungkapan perbandingan lebih dari (comparative
degree): ...er, and more ... peserta didik secara
mandiri, bekerjasama dan percaya diri dapat:
1.
membandingkan ungkapan perbandingan lebih dari (comparative degree) : “ ...er,
and more ...” dari contoh yang diberikan tentang degree
of comparison
2.
membuat kalimat sederhana
menggunakan ungkapan perbandingan lebih dari (comparative degree) :…er,and
more ...” berdasarkan permainan yang dimainkan.
D. Materi Pembelajaran
Degree of Comparison : ungkapan perbandingan lebih dari (comparative degree)
ü Fungsi sosial
ü Struktur teks
ü Unsur kebahasaan
E.
MetodePembelajaran
1.
Pendekatan : Scientific
Learning
2. Model
Pembelajaran : Collaborative
Learning
3.
Metode : Discussion, Games
(Permainan tradisional)
F.
Media
Pembelajaran
1. BahanTayang :
Materi
(belajardiburuan.blogspot.com)
2.
Permainan
Tradisional yang dimainkan di rumah
3.
Grup
Whats Up
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
Langkah
Pembelajaran |
Deskripsi |
Alokasi
waktu |
1.
Kegiatan Pendahuluan (Dilaksanakan di
grup WA) |
2.
Peserta didik merespon salam dari guru. Peserta didik membaca do’a sebelum
belajar 3.
Peserta didik menjawab absen. 4.
Peserta didik menyampaikan kepada guru tentang kesiapan belajar, baik
psikis dan fisik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. 5.
Peserta didik memilih dan memainkan permainan tradisional sesuai minat dan hobi mereka (70% peserta
didik memilih permainan yang mengandung banyak gerakan karena mereka suka
berolah raga dan sisanya memilih permainan yang merangkai/membuat sesuatu
karena merasa lebih senang berkarya). 6.
Peserta didik diberi motivasi melalui penayangan video yang berkaitan
dengan materi pembelajaran. |
15 menit |
Kegiatan Inti (Dilaksanakan di
grup WA) |
Mengobservasi 1.
Peserta didik mengamati permainan tradisional yang telah dilaksanakan
dan diberikan contoh yang beragam tentang ungkapan perbandingan lebih dari (comparative
form) mengenai dua permainan
tradisional yang telah dimainkan 2.
Peserta didik diminta memberikan respon dalam memahami konsep dasar
materi berdasarkan contoh yang diberikan. 3.
Peserta didik secara
berkelompok (kelompok dibuat berdasarkan dari pengetahuan mereka yang
digambarkan dari respon sebelumnya terhadap konsep materi) mendiskusikan
materi (yang telah disesuaikan berdasarkan kesiapan awal mereka) yang
diberikaan. Menanya 4.
Peserta didik
berkesempatan mengajukan pertanyaan mengenai comparative degree. 5.
Peserta didik diberikan
stimulus pertanyaan, misalnya : Are the Egrang game is more
difficult than marbel game? Menganalisa 6.
Peserta didik dibagi
menjadi 3 kelompok ;A(telah memahami konsep dan dapat
mengaplikasikannya ke kehidupan sehari-hari),
B(memahami konsep tapi belum bisa mengaplikasikannya ke kehidupan
sehari-hari) dan C (belum memahami konsep). Pembagian kelompok disesuaiakan
dengan kesiapan peserta didik saat merespon konsep pada kegiatan sebelumnya. 7.
Peserta didik menganalisa
dan membahas fungsi sosial dan struktur teks ungkapan perbandingan lebih
dari (comparative form) secara berkelompok (untuk kelompok A diminta mengerjakan soal-soal
tantangan yang mengaplikasikan konsep materi dalam kehidupan sehari-hari , kelompok
B menggunakan
bantuan berupa membandingkan 2 permainan
yang konkret telah dilaksanakan dan
jika mengalami kesulitan bisa bertanya ke kelompok A, untuk kelompok C guru
akan menjelaskan konsep materi secara mendasar dan akan melakukan skafolding.
(soal terlampir) Mengasosiasi 8.
Peserta didik mengasosiasikan
kata kunci yang diberikan ke dalam kalimat comparative degree
berdasarkan contoh yang diberikan. Mengkomunikasikan
9. 70 % Peserta didik diminta membuat kalimat perbandingan
sederhana yang mengungkapkan comparative
degree berdasarkan dua
permainan tradisional yang memiliki aktivitas yang mengandung banyak gerakan. 10.
30% peserta didik diminta untuk membuat kalimat perbandingan
sederhana yang mengungkapkan comparative
degree berdasarkan dua
permainan tradisional yang memiliki kegiatan merangkai/membuat
sesuatu. |
45
menit |
Kegiatan Penutup |
11.
Peserta didik membuat kesimpulan dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan. 12.
Peserta didik diberikan feedback terkait kegiatan
pembelajaran yang telah dilakukan. 13.
Peserta didik diberi tugas rumah berupa membaca materi
untuk pertemuan berikutnya (superlative
degree). 14.
Peserta didik membaca do’a sesudah belajar. |
20
menit |
H.
Sumber Belajar
o
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
o
bahan
ajar Internet :
a)
https://www.youtube.com/watch?v=V_8CvvwT-Gg (taken on Monday, 25 March 2019 at 8.39 a.m.)
b)
https://bermaindiburuan.blogspot.com
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian(terlampir di lampiran 2)
1.
Teknik
penilaian :
a. Penilaian sikap : Observasi /Pengamatan
b. Penilaian pegetahuan : Tes Tulis
c. Penilaian keterampilan : Tes Tulis
2.Pembelajaran Remedial:
Peserta didik
yang belum mencapai KKM dilakukan pembelajaran
remedial melalui quipper dan diberikan
tes formatif dengan soal yang berbeda tentang degree of comparison comparative form.
3.Pembelajaran Pengayaan:
Bagi peserta didik yang nilainya mencapai KKM dilakukan pembelajaran pengayaan dengan
menggali informasi detail di dalam degree
of comparison yang lebih panjang yang menuntut kemampuan berpikir lebih
tinggi.
Bogor, Januari 2021
Mengetahui
:
Guru
Pamong Mata Plajaran
Erby
P Putra.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar