Selasa, 09 Februari 2021

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING

RPP 3.9 dan 4.9

 

Sekolah                                   : SMPN 2 Leuwisadeng

Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris

Kelas /Semester                      : VIII/Genap

Materi Pokok                          : Degree of Comparison(Comparative Degree)

Keterampilan Berbahasa       : Writing

Tahun Pelajaran                     : 2020-2021

Alokasi Waktu                        : 2 x 40 menit  (pertemuan ke-2)

Nama                                      : Erby P Putra

 

A.     Kompetensi Inti

KI 1 menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

KI 2 menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KI 3 memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahuannya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

KI 4 mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

 

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

NO

Kompetensi Dasar (KD)

Indikator Pencapaian  Kompetensi (IPK)

1

3.9 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks,dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunannya (Perhatikan unsur kebahasaan degree of comparison)

3.9.1        membandingkan  ungkapan perbandingan lebih dari (comparative degree) :  ...er and more... dari contoh yang diberikan

 

 

2

4.9    Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

4.9.1        membuat  kalimat sederhana menggunakan ungkapan perbandingan lebih dari (comparative degree) :…er,and more ...”  berdasarkan permainan yang dimainkan

 

C.     TujuanPembelajaran

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran ungkapan perbandingan lebih dari (comparative degree): ...er, and more ... peserta didik secara mandiri, bekerjasama dan percaya diri dapat:

1.         membandingkan ungkapan perbandingan lebih dari (comparative degree) : “ ...er, and more ...” dari contoh yang diberikan  tentang degree of comparison

2.         membuat  kalimat sederhana menggunakan ungkapan perbandingan lebih dari (comparative degree) :…er,and more ...”  berdasarkan permainan yang dimainkan.

 

D.     Materi Pembelajaran

Degree of Comparison : ungkapan perbandingan lebih dari (comparative degree)

ü  Fungsi sosial

ü  Struktur teks

ü  Unsur kebahasaan

 

E.     MetodePembelajaran

1.      Pendekatan                  :  Scientific Learning

2.      Model Pembelajaran    : Collaborative Learning

3.    Metode                                     : Discussion, Games (Permainan tradisional)

 

F.      Media Pembelajaran

 

1.      BahanTayang :

Materi (belajardiburuan.blogspot.com)           

2.    Permainan Tradisional yang dimainkan di rumah

3.    Grup Whats Up

 

 

G.    Langkah-langkah Pembelajaran

Langkah Pembelajaran

Deskripsi

Alokasi waktu

1.    Kegiatan Pendahuluan (Dilaksanakan di grup WA)

 

 

 

2.    Peserta didik merespon salam dari guru. Peserta didik membaca do’a sebelum belajar

3.    Peserta didik menjawab absen.

4.    Peserta didik menyampaikan kepada guru tentang kesiapan belajar, baik psikis dan fisik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

5.    Peserta didik memilih dan memainkan permainan tradisional sesuai minat dan hobi mereka (70% peserta didik memilih permainan yang mengandung banyak gerakan karena mereka suka berolah raga dan sisanya memilih permainan yang merangkai/membuat sesuatu karena merasa lebih senang berkarya).

6.    Peserta didik diberi motivasi melalui penayangan video yang berkaitan dengan materi pembelajaran.

 

https://www.youtube.com/watch?v=V_8CvvwT-Gg

15 menit

Kegiatan Inti

(Dilaksanakan di grup WA)

 

 

Mengobservasi

1.    Peserta didik mengamati permainan tradisional yang telah dilaksanakan dan diberikan contoh  yang beragam tentang ungkapan perbandingan lebih dari (comparative form) mengenai dua permainan tradisional yang telah dimainkan

2.    Peserta didik diminta memberikan respon dalam memahami konsep dasar materi berdasarkan contoh yang diberikan.

3.    Peserta didik secara berkelompok (kelompok dibuat berdasarkan dari pengetahuan mereka yang digambarkan dari respon sebelumnya terhadap konsep materi) mendiskusikan materi (yang telah disesuaikan berdasarkan kesiapan awal mereka) yang diberikaan.

Menanya

4.    Peserta didik berkesempatan mengajukan pertanyaan mengenai comparative degree.

5.    Peserta didik diberikan stimulus pertanyaan, misalnya :

Are the Egrang game is more difficult  than marbel game?

Menganalisa

6.    Peserta didik dibagi menjadi 3 kelompok  ;A(telah memahami konsep dan dapat mengaplikasikannya ke kehidupan sehari-hari), B(memahami konsep tapi belum bisa mengaplikasikannya ke kehidupan sehari-hari) dan C (belum memahami konsep). Pembagian kelompok disesuaiakan dengan kesiapan peserta didik saat merespon konsep pada kegiatan sebelumnya.

7.    Peserta didik menganalisa dan membahas fungsi sosial dan struktur teks  ungkapan perbandingan lebih dari (comparative form) secara berkelompok (untuk kelompok A  diminta mengerjakan soal-soal tantangan yang mengaplikasikan konsep materi dalam kehidupan sehari-hari  , kelompok B  menggunakan bantuan berupa membandingkan 2 permainan yang konkret telah dilaksanakan dan jika mengalami kesulitan bisa bertanya ke kelompok A, untuk kelompok C guru akan menjelaskan konsep materi secara mendasar dan akan melakukan skafolding. (soal terlampir)

Mengasosiasi

8.    Peserta didik mengasosiasikan kata kunci yang diberikan ke dalam kalimat comparative degree berdasarkan  contoh yang diberikan.

Mengkomunikasikan                                                     

9.    70 % Peserta didik diminta membuat kalimat perbandingan sederhana yang mengungkapkan comparative degree berdasarkan dua permainan tradisional yang memiliki aktivitas yang mengandung banyak gerakan.

10.             30% peserta didik diminta untuk   membuat kalimat perbandingan sederhana yang mengungkapkan comparative degree berdasarkan dua permainan tradisional yang memiliki  kegiatan merangkai/membuat sesuatu.

45 menit

Kegiatan Penutup

11.             Peserta didik membuat kesimpulan dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

12.             Peserta didik diberikan feedback terkait kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.

13.             Peserta didik diberi tugas rumah berupa membaca materi untuk pertemuan berikutnya (superlative degree).

14.             Peserta didik membaca do’a sesudah belajar.

 

20 menit

 

H.    Sumber Belajar

o   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

o   bahan ajar Internet :

a)    https://www.youtube.com/watch?v=V_8CvvwT-Gg (taken on Monday, 25 March 2019 at 8.39 a.m.)

b)   https://bermaindiburuan.blogspot.com

 

I.       Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

1. Teknik Penilaian(terlampir di lampiran 2)

1.     Teknik penilaian :       

a.    Penilaian sikap                : Observasi /Pengamatan

b.    Penilaian pegetahuan      : Tes Tulis   

c.    Penilaian keterampilan    : Tes Tulis   

 

2.Pembelajaran Remedial:

Peserta didik yang belum mencapai KKM  dilakukan pembelajaran remedial melalui quipper dan diberikan tes formatif dengan soal yang berbeda tentang degree of comparison comparative form.

3.Pembelajaran Pengayaan:

Bagi peserta didik yang nilainya mencapai KKM  dilakukan pembelajaran pengayaan dengan menggali informasi detail di dalam degree of comparison yang lebih panjang yang menuntut kemampuan berpikir lebih tinggi.

 

 

 

           

Bogor,    Januari 2021

Mengetahui :  

Guru Pamong Mata Plajaran

 

                      

 

 

 

Erby P Putra.

                                                                                     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Short Functional Text #Short Message

 Short message is one of the short functional text that show short information from the sender to certain person.  The example  of short mes...