Kamis, 28 Januari 2021

Rencana Aksi Nyata Menggunaka Permainan Tradisional Pada Pembelajaran di Sekolah

 

Tindakan  Aksi Nyata

 

Judul Aksi Nyata        : Menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dengan menyediakan lingkungan yang bermakna dan menjadikan permainan tradisional sebagai media pembelajaran

 

A.    Latar belakang

            Motivasi siswa yang menurun saat melaksanakan kegiatan belajar mengajar menjadi landasan rencana rancangan tindakan aksi nyata ini. Siswa yang cendrung merasa cepat bosan saat belajar dikelas memiliki beberapa alas an diantaranya situasi dan lingkungan belajar yang membosankan dan cara mengajar guru yang monoton. Selain itu sebagian besar siswa sangat merindukan permainan-permainan tradisional yang sudah hamper tidak pernah dimainkan. Kemajuan tekhnologi membuat mereka terbawa arus yang tidak tersaring.

B.     Deskripsi aksi  nyata

Aksi nyata ini mulai direalisassikan berdasarkan pada rancangan aksi nyata yang sudah di dibuat sebelumnya. Setelah melakukan diskusi dengan pembimbing dengan seksama, melakukan perbaikan-perbaikan dan berkoordinasi dengn kepala sekolah dan teman sejawat, aksi nyata mulai direalisasikan di lingkungan sekolah. Dukungan  kepala sekolah sangat berarti dalam merealisasikan aksi nyata ini. Setelah diskusi, aksi nyata mulai langsung dijalankan dengan meninjau lahan yang akan digunakan dan mendesign menjadi taman bermain tradisional.

C.     Hasil aksi nyata

Beberapa aksi nyata yang sudah dilakukan adalah sebagai berikut:

·         Bekerjasama dengan kepala sekolah  untuk mendiskusikan tempat pembuatan taman bermain tradisional

·         Membuat spanduk untuk melengkapi design lapangan tradisional

·         Bekerjasama dengan teman sejawat membuat beberapa peralatan pendukung untuk memfasilitasi siswa bermain

·         Bekerjasama dengan warga sekolah merapihkan lapangan bermain

·         Mengajak dan  memperkenalkan  permainan tradisional pada beberapa siswa

 

D.    Pemelajaran yang didapat dari pelaksanaan

Ada beberapa  tantangan  yang terjadi dalam proses aksi nyata program  ini. Salah satunya adalah membuat dan mendesign lapangan bermain yang memerlukan waktu dan dana. Oleh karena itu untuk mendapatkan dana harus melakukan prosedur yang memakan waktu juga. Selain itu sosialisasi permainan tradisional ini pada siswa juga memerlukan waktu karena ternyata sekarang ini sebagian besar dari mereka tidak  mengenal permainan-permainan tradisional.

E.     Rencana perbaikan di masa dating

Untuk menyempurnakan aksi nyata di masa datang akan dilakukan perbaikan-perbaikan seperti memperbanyak sosialisasi permainan tradisional pada siswa dan teman sejawat. Selain itu pembuatan proposal untuk meminta bantuan dana akan ddipercepat prosesnya sehingga taman bermain tradisional ini cepat terealisasi dengan sesuai rencana.

F.      Dokumentasi proses dan hasil perencanaan (Terlampir)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Short Functional Text #Short Message

 Short message is one of the short functional text that show short information from the sender to certain person.  The example  of short mes...