Permainan tradisional daerah yang kerap jarang sekali ditemukan keberadaannya sekarng ini sebenarnya adalah media yang bisa digunakan oleh para pendidik untuk memenuhi segala kebutuhan para peserta didik dalam mengembangkan bakat alamiah mereka. Beberapa keunggulan yang bisa di dapat dari menggunnakan permainan tradisional daerah sebagai media diantaranya:
A. Meningkatkan motivasi instrinsik peserta didik
Telah dibahas sebelumnya bahwa bakat alami peserta didik adalah bermain. Ketika mereka merasa tertekan dalam kondisi lingkungan belajar yang penuh dengan tuntutan dan paksaan maka motivasi instrinsik mereka akan menurun. Selain itu, jarangnya penggunaan metode ajar bermain selama ini membuat bakat alam peserta didik terkurung sehingga akan timbul dampak-dampak yang tidak diinginkan selama proses belajar mengajar di kelas. Dengan menggunakan permainan tradisional sebagai media pembelajaran maka akan terpenuhi bakat alam bermain peserta didik sehingga mereka tidak ada rasa terpaksa dan senang melakukan proses belajar mengajar di kelas. Hasilnya motivasi instrinsik peserta didik akan meningkat.
B. Media yang bisa digunakan dalam segala kondisi sekolah
Kurangnya sarana dan prasarana kerap sekali dijadikan sebagai kambing hitam dalam melaksanakan proses belajar yang menyenangkan. Permainan tradisional yang tidak memerlukan biaya dan sarana yang berlebihan hadir sebagai solusi dalam menciptkan suasana proses belajar mengajar yang menyenangkan. Peralatan dan sarananya pun bisa dibuat bersama-sama dengan peserta didik yang akan menumbuhkan rasa kekeluargaan antara pendidik dan peserta didik itu sendiri.
C. Memenuhi berbagai gaya belajar peserta didik
Peserta didik pada dasarnya memiliki berbagai gaya belajar pada setiap individunya. Ada yang mempunyai gaya belajar audio, visual, audio visual, kinestetik dan lain lain. Sebagian besar permainan tradisional mengandung gaya-gaya belajar tersebut. Sebagai contoh pada permainan Enggrang, peserta didik mengalami gaya belajar kinestetik, audio, visual dan audio visual yang bisa dirancang oleh pendidik sesuai dengan bahan ajar.
D. Sebagai benteng kebudayaan
Kemjuan suatu bangsa bisa dilihat dari kebudayaan aslinya sebenarnya. Dengan menggunakan permainan tradisional sebagai media pembelajaran yang sering digunakan di sekolah, secara tidak langsung menjaga tradisi ddan budaya asli daerah yang hampir tergerus oleh keemajuan zaman dan tekhnologi pada sekarang ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar