RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMPN 2 LEUWISADENG
Mata
Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Kelas
/ Semester : VIII/2
Tema/materi
pokok : Asking for and
giving information about past activities
Keterampilan
bahasa :
Reading
and Writing
Kompetensi
sosial—emosional : Pengelolaan
diri (mengelola emosi dan fokus)
Alokasi
Waktu : 2X 40 MENIT (1 Pertemuan)
Nama
Guru : Erby P
Putra
A.
KOMPETENSI INTI
1.
KI1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
KI2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri,
peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan
perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan
alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
3.
KI3 Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
KI4
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret
dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang teori.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR P ENCAPAIAN KOMPETENSI |
3.10. menerapkan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian
yang dilakukan/terjadi, rutin maupun tidak rutin, atau menjadi kebenaran umum
di waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan simple past tense) |
3.10.1 melengkapi teks rumpang berbentuk dialog meminta
dan memberi informasi tentang kejadian dimasa lampau dengan memilih unsur
kebahasaan (simple past tense) yang
benar yang tersedia pada kotak 3.10.2
menjawab pertanyaan secara singkat
tentang informasi rinci dalam dialog meminta dan memberi informasi terkait
kejadian di masa lampau |
4.10. menyusun teks interaksi transaksional lisan
dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian yang
dilakukan/terjadi, rutin maupun tidak rutin, atau menjadi kebenaran umum di
waktu lampau, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
4.10.1
menuliskan dialog
sederhana tentang meminta dan memberi informasi terkait kejadian di masa lampau secara berpasangan berdasarkan situasi yang diberikan |
penguatan karakter yang diharapkan
ü jujur
ü disiplin
ü mandiri
ü bekerja sama
ü Saling menghargai
C.
TUJUANPEMBELAJARAN
Setelah mengikuti
serangkaian pembelajaran tentang memberi dan meminta informasi terkait kejadian
dimasa lalu, peserta didik secara jujur, disiplin, mandiri dan bekerja sama
dapat:
·
melengkapi teks
rumpang berbentuk dialog meminta dan memberi informasi tentang kejadian dimasa
lampau dengan memilih unsur kebahasaan (simple
past tense) yang benar yang tersedia pada kotak dengan KKM 75
·
menjawab
pertanyaan tentang informasi rinci dalam dialog memberi dan meminta informasi
terkait kejadian dimasa lampau dengan KKM 75
·
menuliskan dialog
sederhana tentang meminta dan memberi informasi terkait kejadian dimasa lampau secara
berpasangan berdasarkan situasi yang diberikan dengan KKM 75
·
memerankan
kembali (role play) dialog yang sudah
di tayangkan
D.
MATERI PEMBELAJARAN
Asking for and giving information about past activities
1. Fungsi sosial
ü Melaporkan, menceritakan, menjelaskan kejadian yang
dilakukan/terjadi di waktu lampau
2. Struktur teks
ü Memulai
ü Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
3. Unsur kebahasaan
ü Kalimat deklaratif dan interogatif dalam bentuk Simple Past Tense
ü Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
ü Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan
tulisan tangan
4. Topik
ü Kegiatan, tindakan yang (rutin) terjadi di masa lalu
di sekolah, rumah, dan sekitarnya yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di
KI
E.
METODE, MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Metode pembelajaran
ü Model pembelajaran :
collaborative learning
ü Pendekatan :
scientific approach
ü Metode :
diskusi dan penugasan
2. media pembelajaran
ü Laptop
ü PPT
ü Worksheet
3. sumber pembelajaran
ü buku guru
ü https://www.youtube.com/watch?v=KiNUkRPOpQY
F.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan (10 menit) v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik untuk memulai kegiatan belajar v
Memberikan persepsi awal
kepada murid tentang materi yang akan dipelajari dengan
mereview materi sebelumnya, simple past
tense v
Membagi beberapa kelompok berdasarkan kesiapan masing-masing
murid (informasi pengetahuan dan keterampilan murid sebelumnya tentang materi
yang diperoleh dari guru B.Inggris kelas 7 yang mengajar sebelumnya) untuk tugas menulis dialog sederhana.
(Diferensiasi kesiapan murid) v
Setelah didapat beberapa kelompok yang telah
dibagi sesuai kesiapan masing-masing siswa, kelompok ditempatkan sesuai
dengan kesiapan murid; kelompok A (Murid yang sudah mempunyai dasar
pemahaman, B (Murid yang cukup meempunyai dasar pemahaman, C (Murid yang belum
memiliki dasar pemahaman teori) |
|||||||
Kegiatan
Inti (60
menit)
|
|||||||
Catatan
: Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap murid dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, berperilaku jujur, bertanggung jawab dan saling menghargai |
|||||||
Kegiatan
Penutup
(10 menit) Peserta didik :
Guru :
|
G.
PENILAIAN PEMBELAJARAN, REMEDIAL DAN PENGAYAAN
1.
Teknik penilaian otentik
Sikap Sosial Emosional : Observasi dengan menggunakan
jurnal
Pengetahuan :
Tes tulis dalam bentuk jawaban singkat
Keterampilan :
Unjuk kerja dalam bentuk komunikatif tulis
2.
Kisi-kisi dan
soal (terlampir)
3.
Rubrik Penilaian (terlampir)
H.
PENILAIAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN
A. Remedial
Murid yang belum mencapai KKM diberi
kegiatan remedial dengan memberikan pembelajaran ulang terkait materi dialog
meminta dan memberi informasi terkait kejadian di masa lampau dilanjutkan
dengan mengerjakan Lembar Kerja Murid.
B. Pengayaan
Murid yang memperoleh nilai diatas KKM
diberi pengayaan dengan menuliskan sebuah paragraph tentang pengalaman yang
menakutkan.
Mengetahui:
Leuwisadeng, Maret 2021
KepalaSekolah
Guru MataPelajaran
( Dra.
Hj. Ermaini ) (Erby
P Putra)
NIP:
Appendix
1
MATERI
1
Materi
pembelajaran (teori tentang dialog meminta dan memberi informasi terkait
kejadian di masa lampau)
Source: Buku guru Bahasa Inggris, When English Rings a
bell, halaman 122
Asking for information about past activities |
Responding |
-
How was your holiday? -
How about your holiday? -
Where did you go yesterday? -
What did you do yesterday? -
How did you spend your weekend? |
-
It was great! -
It was not good -
I went……… -
I + verb 2 |
MATERI
2
Video
untuk skenario topik diskusi, pengamatan dan contoh soal
https://www.youtube.com/watch?v=KiNUkRPOpQY
Complete the following
dialog (that you have watched recently) by choosing the words in the box! A boy: how are you? A girl: I am good. How (1)…………your
summer vacation? A boy: It was great. I (2)……..to
Jejudo with my family A girl: Really? What did
you do there? A boy: We looked around
Jejudo A girl: sounds great A boy: We (3)………. horses
and (4)…….along Jeju olle A girl: Jeju olle? What is that? A boy: It is a walking
path. You can see beautiful beaches and fields from there A girl: Wow, I want to go
to there too A boy: How about your
vacation? What did you do? A girl: I (5)……….taegwondo lessons A boy: Great. What color of
belt do you have? A girl: White. I want to
get my blue belt soon A boy: Good luck! |
Rode Was Took Walked Went |
After completing the dialogue, please answer the
following question based on the text! 1.
How many speakers in the dialogue?
Mention! 2.
How did the girl ask for information
about past event to the boy? 3.
Where did the boy go on his summer
vacation? 4.
What did he do in Jejudo? 5.
What did the girl do on her summer
vacation? |
MATERI
3
LATIHAN
SOAL
A. PAY ATTENTION TO THE FOLLOWING TEXT
AND COMPLETE IT WITH THE APPROPRIATE WORDS! Alisya : Where (1)…………..
you go yesterday? Adela : I (2) ………….. to
the cinema to watch a movie Alisya : And then? Adela : And then, I
went home. But before that, I (3)…………..some snacks in the supermarket and (4)……………one
of my friend's house Alisya : Did you
(5)…….. home safely? Adela : Yes, I did |
Bought Arrive Went Did Visited |
B. ANSWER THE FOLLOWING QUESTIONS BASED
ON THE TEXT ABOVE! 6.
How many speakers in the dialogue?
Mention! 7.
Where did Adela go yesterday? 8.
Where did Adela go before going home? 9.
What did Adela do at the supermarket? 10.
Did Adela arrive safely? |
C. Now, together with your partner, make
a short dialogue about asking for and giving information about your
activities on the last weekend! |
Appendix
2
STUDENTS’ WORKSHEET 1
A. Complete the following dialogue with
the correct verb of past tense presented in the box!
Astri: How
was your holiday last week? |
Did |
Helped |
Joined |
Went |
were |
B. Read the text above carefully, and
then answer the following questions! 1.
Who are there in the dialogue? 2.
Where did Bagas go for holiday? 3.
How did Bagas go there? 4.
Where did Bagas camp? 5.
Did Astri go for holiday? |
C. Write a simple dialog with your seat
mate about asking for and giving information about your last holiday! Example: Student A: How was your last holiday? Student B: It was not good. I did not go anywhere Student A:…………… Etc…. |
Appendix 3
PENILAIAN
Kisi-Kisi dan Soal pengetahuan dan
keterampilan
-
Pengetahuan
Indikator soal |
Soal |
Kunci jawaban |
Menentukan unsur kebahasaan (simple
past tense) yang tepat untuk digunakan dalam dialog meminta dan memberi
informasi terkait kejadian dimasa lampau |
I (1)……….. camping to
Tawangmangu |
Went |
How many friends
(2)…………you? |
Joined |
|
There (3)……..five
people altogether |
Were |
|
How (4)………..you go
there? |
Did |
|
No. I (5)…………my
mother to sell fruit and vegetables in the market |
Helped |
Indikator soal |
Soal |
Kunci jawaban |
Menentukan nama tokoh
dalam teks |
1.
Who are there in the dialogue? |
Astir and Bagas |
Menentukan kegiatan
dalam teks |
2.
Where did Bagas go for holiday? |
Tawangmangu |
Menentukan waktu
terjadinya peristiwa yang diceritakan dalam dialog |
3.
How did Bagas go there? |
By bus |
Menentukan tempat
terjadinya peristiwa yang diceritakan dalam teks |
4.
Where did Bagas camp? |
Near the waterfall |
Menentukan tata bahasa
(verb) yang digunakan dalam teks |
5.
Did Astri go for holiday? |
No, she did not |
Kisi-kisi
keterampilan
Indikator soal |
Soal |
Jawaban yang diharapkan |
menuliskan
dialog sederhana tentang memberi dan meminta informasi terkait kejadian di
saat liburan lalu secara berpasangan |
Write a simple dialog with your seat mate about
asking for and giving information about your last holiday! |
A: What was your holiday? B: It was not good. I did not go anywhere. I just
stayed at home. How about you? A: I and my family went to Bali B:It is great. What did you do there? A: We swam at the beach and enjoyed the wonderful
sunset B: It is so wonderful. I hope I will go there
someday |
RUBRIK PENILAIAN
A. Sikap Sosial dan Emosional
Karakter yang diharapkan |
Indikator |
skor |
|
|
||
Jujur |
Selalu berkata dan berbuat jujur |
4 |
|
|
||
Sering berkata dan berbuat jujur |
3 |
|
|
|||
Kadang berkata dan berbuat jujur |
2 |
|
|
|||
Jarang berkata dan berbuat jujur |
1 |
|
|
|||
Disiplin |
Selalu mengerjakan tugas sesuai dengan waktu yang
ditentukan |
4 |
|
|
||
Sering mengerjakan tugas sesuai dengan waktu yang
ditentukan |
3 |
|
|
|||
Kadang mengerjakan tugas sesuai dengan waktu yang
ditentukan |
2 |
|
|
|||
Jarang mengerjakan tugas sesuai dengan waktu yang
ditentukan |
1 |
|
|
|||
Mandiri |
Selalu mengerjakan tugas secara mandiri |
4 |
|
|
||
Sering mengerjakan tugas secara mandiri |
3 |
|
|
|||
Kadang mengerjakan tugas secara mandiri |
2 |
|
|
|||
Jarang mengerjakan tugas secara mandiri |
1 |
|
|
|||
Bekerja sama |
Selalu bekerja sama dengan teman sekelompok dalam mengerjakan tugas
kelompok |
4 |
|
|
||
Sering bekerja sama dengan teman sekelompok dalam
mengerjakan tugas kelompok |
3 |
|
|
|||
Kadang bekerja sama dengan teman sekelompok dalam
mengerjakan tugas kelompok |
2 |
|
|
|||
Jarang bekerja sama dengan teman sekelompok dalam
mengerjakan tugas kelompok |
1 |
|
|
|||
Menghargai sesama |
Selalu menghargain teman sekelompok dalam mengerjakan tugas kelompok |
4 |
|
|||
Sering menghargai teman sekelompok dalam mengerjakan tugas
kelompok |
3 |
|
||||
Kadang menghargai teman sekelompok dalam mengerjakan tugas
kelompok |
2 |
|
||||
Jarang menghargai teman sekelompok dalam mengerjakan tugas
kelompok |
1 |
|
||||
No. |
Nama murid |
Sikap |
Total skor |
Rata-rata |
||||
Jujur |
Disiplin |
Mandiri |
Bekerja sama |
Menghargai |
||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Peserta didik memperoleh nilai:
Interval nilai |
Nilai kualitatif |
3,66 – 4,00 |
Sangat baik (SB) |
2,66 – 3,33 |
Baik (B) |
1,66 – 2,33 |
Cukup baik (C) |
< 133 |
Kurang baik (K) |
B. Pengetahuan
Jawaban
benar skor 10
Jumlah soal
10
Nilai = jumlah
jawaban benar x jumlah soal
C. Ketrampilan
Rubrik
Penilaian
Aspek yang dinilai |
Kriteria |
|||
Grammar |
19 – 20 (excellent to very
good/sangat baik) |
17 – 18 (good/baik) |
15 – 16 (fair/cukup baik) |
10 – 14 (inadequate/kurang baik) |
Vocabularies |
||||
Punctuation |
||||
Content |
||||
Spelling |
No. |
Nama murid |
Grammar |
Vocabularies |
Punctuation |
Content (organization of idea) |
Spelling |
Tolal skor |
1 |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
|
D. Jurnal Perkembangan sikap
No |
Waktu |
Nama murid |
Catatan Perilaku |
Butir sikap |
Keterangan (spiritual/social) |
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
Tugas remedial
Read
the text below to answer the following question
Dania:
How was your holiday Sandra? It was nice?
Sandra:
My holiday was good. My family and I went to Bali
Dania:
How long were you in Bali?
Sandra:
We spent three days there. How about you?
Dania:
When last holiday I just stayed at home.
Sandra:
It is okay, you can go to somewhere next holiday
1.
Mention 5 words
indicated past event (simple past tense)
2.
How was Sandra’s
holiday?
3.
Where did Sandra
go for holiday?
4.
How long was
Sandra in Bali?
5.
How was Dania’s
holiday?