Rabu, 03 Maret 2021

RPP berdiferensiasi terintergrasi PSE

 

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                                                : SMPN 2 LEUWISADENG

Mata Pelajaran                         : BAHASA INGGRIS

Kelas / Semester                      : VIII/2

Tema/materi pokok                  : Asking for and giving information about past activities

Keterampilan bahasa               :  Reading and Writing

Kompetensi sosial—emosional            : Pengelolaan diri (mengelola emosi dan fokus)

Alokasi Waktu                         : 2X 40 MENIT (1 Pertemuan)

Nama Guru                              : Erby P Putra

 

A.     KOMPETENSI INTI

 

1.    KI1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

2.    KI2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.

3.    KI3 Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

4.    KI4 Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

 

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

 

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR P ENCAPAIAN KOMPETENSI

3.10.    menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi, rutin maupun tidak rutin, atau menjadi kebenaran umum di waktu lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan simple past tense)

 

 

3.10.1  melengkapi teks rumpang berbentuk dialog meminta dan memberi informasi tentang kejadian dimasa lampau dengan memilih unsur kebahasaan (simple past tense) yang benar yang tersedia pada kotak

 

3.10.2  menjawab pertanyaan secara singkat tentang informasi rinci dalam dialog meminta dan memberi informasi terkait kejadian di masa lampau

 

4.10.    menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi, rutin maupun tidak rutin, atau menjadi kebenaran umum di waktu lampau, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

4.10.1           menuliskan dialog sederhana tentang meminta dan memberi informasi terkait kejadian di masa lampau secara berpasangan berdasarkan situasi yang diberikan

 

 

 

 

 penguatan karakter yang diharapkan

ü  jujur

ü  disiplin

ü  mandiri

ü  bekerja sama

ü  Saling menghargai

 

C.     TUJUANPEMBELAJARAN

Setelah mengikuti serangkaian pembelajaran tentang memberi dan meminta informasi terkait kejadian dimasa lalu, peserta didik secara jujur, disiplin, mandiri dan bekerja sama dapat:

·         melengkapi teks rumpang berbentuk dialog meminta dan memberi informasi tentang kejadian dimasa lampau dengan memilih unsur kebahasaan (simple past tense) yang benar yang tersedia pada kotak dengan KKM 75

·         menjawab pertanyaan tentang informasi rinci dalam dialog memberi dan meminta informasi terkait kejadian dimasa lampau dengan KKM 75

·         menuliskan dialog sederhana tentang meminta dan memberi informasi terkait kejadian dimasa lampau secara berpasangan berdasarkan situasi yang diberikan dengan KKM 75

·         memerankan kembali (role play) dialog yang sudah di tayangkan

 

 

D.     MATERI PEMBELAJARAN

Asking for and giving information about past activities

1.      Fungsi sosial

ü  Melaporkan, menceritakan, menjelaskan kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau

 

2.      Struktur teks

ü  Memulai

ü  Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)

 

3.      Unsur kebahasaan

ü  Kalimat deklaratif dan interogatif dalam bentuk Simple Past Tense

ü  Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.

ü  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

 

4.      Topik

ü  Kegiatan, tindakan yang (rutin) terjadi di masa lalu di sekolah, rumah, dan sekitarnya yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

 

E.     METODE, MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN

1.      Metode pembelajaran

ü  Model pembelajaran          : collaborative learning

ü  Pendekatan                                    : scientific approach

ü  Metode                              : diskusi dan penugasan

2.      media pembelajaran

ü  Laptop

ü  PPT

ü  Worksheet

3.      sumber pembelajaran

ü  buku guru

ü  https://www.youtube.com/watch?v=KiNUkRPOpQY

 

F.      LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

Kegiatan Pendahuluan (10 menit)

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik untuk memulai kegiatan belajar

v  Memberikan persepsi awal kepada murid tentang materi yang akan dipelajari dengan mereview materi sebelumnya, simple past tense

v  Membagi beberapa  kelompok berdasarkan kesiapan masing-masing murid (informasi pengetahuan dan keterampilan murid sebelumnya tentang materi yang diperoleh dari guru B.Inggris kelas 7 yang mengajar sebelumnya)  untuk tugas menulis dialog sederhana. (Diferensiasi kesiapan murid)

v  Setelah didapat beberapa kelompok yang telah dibagi sesuai kesiapan masing-masing siswa, kelompok ditempatkan sesuai dengan kesiapan murid; kelompok A (Murid yang sudah mempunyai dasar pemahaman, B (Murid yang cukup meempunyai dasar pemahaman, C (Murid yang belum memiliki dasar pemahaman teori)

Kegiatan Inti (60 menit)

Kegiatan Inti

Mengamati

v  Murid memperhatikan tayangan tentang dialog meminta dan memberi informasi terkait kejadian dimasa lalu

https://www.youtube.com/watch?v=KiNUkRPOpQY

v  Murid diminta untuk memperhatikan dialog meminta dan memberi informasi terkait kejadian dimasa lampau, misalnya cara memulai dialog, kata tanya yang digunakan untuk menanyakan kejadian dimasa lampau, merespon dan tenses yang digunakan.

 

Menanya

v  Murid diharapkan memberikan pertanyaan terkait dialog yang ditayangkan misalnya cara memulai dialog, kata tanya yang digunakan untuk menanyakan kejadian dimasa lampau, merespon dan tenses yang digunakan

v  Murid dengan bimbingan guru menganalisa teks dialog yang ada di dalam video dengan cara melengkapi skrip yang diketik rumpang

v  Setelah melengkapi teks dialog, murid menjawab pertanyaan guru terkait informasi rinci dari dialog tersebut

 

Mengumpulkan informasi

v  Murid diarahkan untuk mengumpulkan data tentang poin-poin yang ada dalam dialog memberi dan meminta informasi terkait kejadian dimasa lampau, misalnya cara memulai dialog, kata tanya yang digunakan untuk menanyakan kejadian dimasa lampau, merespon dan tenses yang digunakan

Mengasosiasikan

v  Murid berdiskusi dengan teman sekelompok tentang poin-poin  yang ada dalam dialog memberi dan meminta informasi terkait kejadian dimasa lampau, misalnya cara memulai dialog, merespon, tenses yang digunakan

v  Murid bersama-sama dengan guru merumuskan tahapan dalam menyusun teks dialog meminta dan memberi informasi terkait kejadian dimasa lampau

v  Murid memerankan kembali (role play) dialog yang sudah di tayangkan dengan tuntunan guru melalui langkah-langkah berikut:

-          Setiap murid dipersilakan duduk berpasangan untuk kemudian saling bergantian bercerita dan melakukan percakapan. Saat satu murid menceritakan sebuah cerita. Cerita yang disampaikan bisa tentang pengalaman yang menyenangkan maupun pengalaman yang tidak menyenangkan. Murid lainnya berusaha mendengarkan dengan seksama dan bertanya apabila ada cerita yang belum jelas. Setiap murid diajarkan untuk mendengarkan dengan penuh kesadaran akan cerita temannya dan berusaha tidak menginterupsi saat temannya sedang berbicara. Mereka dapat bertanya, “Lalu?”, “Apa yang terjadi?”Setelah selesai, pencerita berganti sebagai pendengar. Ajak murid untuk merefleksikan apa yang mereka rasakan saat bercerita maupun saat menjadi pendengar.

-          Murid-murid diminta untuk saling mendengarkan dengan baik antara satu dan lainnya. Mereka diminta mengaplikasikan sifat saling menghargai dan menghormati selama melakukan percakapan dengan lawan bicaranya dengan tujuan membiasakan murid bisa mengelola diri dan menghargai antar sesama ketika sedang melakukan percakapan ataupun diskusi.

-          Topik diskusi dan skenario terlampir.

Mengkomunikasikan

Latihan soal

v  Murid diberikan teks rumpang berupa dialog memberi dan meminta informasi terkait kejadian masa lampau

v  Bersama teman sekelompok menganalisa teks tersebut dengan cara:

-       melengkapi teks tersebut dengan kata yang tersedia

-       menjawab pertanyaan

v  Bersama teman sekelompok menulis dialog tentang meminta dan memberi informasi terkait kejadian yang dialami di akhir pekan lalu

v  Murid bersama guru membahas/ memberi feedback terhadap hasil latihan murid.

 

Setelah menyelesaikan serangkaian kegiatan inti tersebut diatas, murid diberikan lembar worksheet untuk dikerjakan sebagai alat pengukur keterkapaian indicator kompetensi dasar tersebut diatas (assessment).

v  Murid melengkapi teks rumpang berbentuk dialog memberi dan meminta informasi tentang kejadian dimasa lampau dengan unsure kebahasaan (simple past tense) yang benar

v  Murid menjawab pertanyaan terkait informasi rinci tentang dialog terkait kejadian dimasa lampau

v  Murid bersama teman sekelompok menulis dialog meminta dan memberi informasi terkait kejadian yang di alami saat liburan lalu

 

Catatan :

Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap murid dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, berperilaku jujur, bertanggung jawab dan saling menghargai

Kegiatan Penutup (10 menit)

Peserta didik :

  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan tentang dialog  meminta dan memberi informasi terkait kejadian di masa lampau, misalnya cara memulai dialog, kata tanya yang digunakan untuk menanyakan kejadian dimasa lampau, merespon dan tenses yang digunakan
  • Berdoa

Guru :

  • Memeriksa pekerjaan murid, kemudian memberikan feedback
  • Membimbing murid mereview proses dan hasil pembelajaran
  • Menyampaikan materi selanjutnya, Recount text

 

 

G.    PENILAIAN PEMBELAJARAN, REMEDIAL DAN PENGAYAAN

1.      Teknik penilaian otentik

Sikap Sosial Emosional                        : Observasi dengan menggunakan jurnal

Pengetahuan                            : Tes tulis dalam bentuk jawaban singkat

Keterampilan                           : Unjuk kerja dalam bentuk komunikatif tulis

 

 

2.      Kisi-kisi dan soal (terlampir)

3.      Rubrik Penilaian (terlampir)

H.    PENILAIAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN

A.     Remedial

Murid yang belum mencapai KKM diberi kegiatan remedial dengan memberikan pembelajaran ulang terkait materi dialog meminta dan memberi informasi terkait kejadian di masa lampau dilanjutkan dengan mengerjakan Lembar Kerja Murid.

 

B.     Pengayaan

Murid yang memperoleh nilai diatas KKM diberi pengayaan dengan menuliskan sebuah paragraph tentang pengalaman yang menakutkan.

 

Mengetahui:                                                                             Leuwisadeng, Maret 2021

KepalaSekolah                                                                         Guru MataPelajaran

 

 

 

 

( Dra. Hj. Ermaini )                                                                  (Erby P Putra)

 NIP:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Appendix 1

MATERI 1

Materi pembelajaran (teori tentang dialog meminta dan memberi informasi terkait kejadian di masa lampau)

Description: C:\Users\Lenovo\Pictures\Screenshots\Screenshot (2).png

Source: Buku guru Bahasa Inggris, When English Rings a bell, halaman 122

 

Asking for information about past activities

Responding

-       How was your holiday?

-       How about your holiday?

-       Where did you go yesterday?

-       What did you do yesterday?

-       How did you spend your weekend?

-       It was great!

-       It was not good

-       I went………

-       I + verb 2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MATERI 2

Video untuk skenario topik diskusi, pengamatan dan contoh soal

 

Description: C:\Users\Lenovo\Pictures\Screenshots\Screenshot (3).png

 

https://www.youtube.com/watch?v=KiNUkRPOpQY

 

Complete the following dialog (that you have watched recently) by choosing the words in the box!

 

A boy: how are you?

A girl: I am good. How (1)…………your summer vacation?

A boy: It was great. I (2)……..to Jejudo with my family

A girl: Really? What did you do there?

A boy: We looked around Jejudo

A girl: sounds great

A boy: We (3)………. horses and (4)…….along Jeju olle

 A girl: Jeju olle? What is that?

A boy: It is a walking path. You can see beautiful beaches and fields from there

A girl: Wow, I want to go to there too

A boy: How about your vacation? What did you do?

A girl: I (5)……….taegwondo lessons

A boy: Great. What color of belt do you have?

A girl: White. I want to get my blue belt soon

A boy: Good luck!

 

Rode               Was              Took                 Walked                Went

 

After completing the dialogue, please answer the following question based on the text!

 

1.      How many speakers in the dialogue? Mention!

2.      How did the girl ask for information about past event to the boy?

3.      Where did the boy go on his summer vacation?

4.      What did he do in Jejudo?

5.      What did the girl do on her summer vacation?

MATERI 3

 

LATIHAN SOAL

A.     PAY ATTENTION TO THE FOLLOWING TEXT AND COMPLETE IT WITH THE APPROPRIATE WORDS!

Alisya : Where (1)………….. you go yesterday?

Adela : I (2) ………….. to the cinema to watch a movie

Alisya : And then?

Adela : And then, I went home. But before that, I (3)…………..some snacks in the supermarket and (4)……………one of my friend's house

Alisya : Did you (5)…….. home safely?

Adela : Yes, I did

 

 

Bought                   Arrive                   Went                      Did                  Visited

 

B.     ANSWER THE FOLLOWING QUESTIONS BASED ON THE TEXT ABOVE!

 

6.      How many speakers in the dialogue? Mention!

7.      Where did Adela go yesterday?

8.      Where did Adela go before going home?

9.      What did Adela do at the supermarket?

10.  Did Adela arrive safely?

 

C.     Now, together with your partner, make a short dialogue about asking for and giving information about your activities on the last weekend!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Appendix 2

STUDENTS’ WORKSHEET 1

A.     Complete the following dialogue with the correct verb of past tense presented in the box!

Astri: How was your holiday last week? 
Bagas: I (1)……….. camping to Tawangmangu 
Astri: That's great. How many friends (2)…………you? 
Bagas : There (3)……..five people altogether 
Astri : How (4)………..you go there? 
Bagas: I went there by bus 
Astri : Did you camp near the waterfall? 
Bagas: Yes, it is about a half kilometer. How about you? Did you go somewhere? 
Astri : No. I (5)…………my mother to sell fruit and vegetables in the market 
Bagas: Great!

 

 

Did

Helped

Joined

Went

were

 

 

 

 

B.     Read the text above carefully, and then answer the following questions!

 

1.      Who are there in the dialogue?

2.      Where did Bagas go for holiday?

3.      How did Bagas go there?

4.      Where did Bagas camp?

5.      Did Astri go for holiday?

 

 

 

 

 

 

C.     Write a simple dialog with your seat mate about asking for and giving information about your last holiday!

 

 

Example:

 

Student A: How was your last holiday?

Student B: It was not good. I did not go anywhere

Student A:……………

Etc….

 

 

 

 

 

 

Appendix 3

 

PENILAIAN

 Kisi-Kisi dan Soal pengetahuan dan keterampilan

-       Pengetahuan

 

Indikator soal

Soal

Kunci jawaban

Menentukan unsur kebahasaan (simple past tense) yang tepat untuk digunakan dalam dialog meminta dan memberi informasi terkait kejadian dimasa lampau

I (1)……….. camping to Tawangmangu 

Went

How many friends (2)…………you? 

Joined

There (3)……..five people altogether 

Were

How (4)………..you go there? 

Did

No. I (5)…………my mother to sell fruit and vegetables in the market 

Helped

 

Indikator soal

Soal

Kunci jawaban

Menentukan nama tokoh dalam teks

1.   Who are there in the dialogue?

Astir and Bagas

Menentukan kegiatan dalam teks

2.   Where did Bagas go for holiday?

Tawangmangu  

Menentukan waktu terjadinya peristiwa yang diceritakan dalam dialog

3.    How did Bagas go there?

By bus

Menentukan tempat terjadinya peristiwa yang diceritakan dalam teks

4.    Where did Bagas camp?

Near the waterfall

Menentukan tata bahasa (verb) yang digunakan dalam teks

5.    Did Astri go for holiday?

No, she did not

 

Kisi-kisi keterampilan

Indikator soal

Soal

Jawaban yang diharapkan

menuliskan dialog sederhana tentang memberi dan meminta informasi terkait kejadian di saat liburan lalu secara berpasangan

 

Write a simple dialog with your seat mate about asking for and giving information about your last holiday!

 

A: What was your holiday?

B: It was not good. I did not go anywhere. I just stayed at home. How about you?

A: I and my family went to Bali

B:It is great. What did you do there?

A: We swam at the beach and enjoyed the wonderful sunset

B: It is so wonderful. I hope I will go there someday

 

 

 

 

RUBRIK PENILAIAN

 

A.     Sikap Sosial dan Emosional

 

Karakter yang diharapkan

Indikator

skor

 

 

Jujur

Selalu berkata dan berbuat jujur

4

 

 

Sering berkata dan berbuat jujur

3

 

 

Kadang berkata dan berbuat jujur

2

 

 

Jarang berkata dan berbuat jujur

1

 

 

Disiplin

Selalu mengerjakan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan

4

 

 

Sering mengerjakan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan

3

 

 

Kadang mengerjakan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan

2

 

 

Jarang mengerjakan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan

1

 

 

Mandiri

Selalu mengerjakan tugas secara mandiri

4

 

 

Sering mengerjakan tugas secara mandiri

3

 

 

Kadang mengerjakan tugas secara mandiri

2

 

 

Jarang mengerjakan tugas secara mandiri

1

 

 

Bekerja sama

 

 

 

 

 

 

Selalu bekerja sama dengan teman sekelompok dalam mengerjakan tugas kelompok

4

 

 

Sering bekerja sama dengan teman sekelompok dalam mengerjakan tugas kelompok

3

 

 

Kadang bekerja sama dengan teman sekelompok dalam mengerjakan tugas kelompok

2

 

 

Jarang bekerja sama dengan teman sekelompok dalam mengerjakan tugas kelompok

1

 

 

Menghargai sesama

 

 

 

 

 

 

Selalu menghargain teman sekelompok dalam mengerjakan tugas kelompok

4

 

Sering menghargai teman sekelompok dalam mengerjakan tugas kelompok

3

 

Kadang menghargai teman sekelompok dalam mengerjakan tugas kelompok

2

 

Jarang menghargai teman sekelompok dalam mengerjakan tugas kelompok

1

 

 

 

 

No.

Nama murid

Sikap

Total skor

Rata-rata

Jujur

Disiplin

Mandiri

Bekerja sama

Menghargai

1

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Peserta didik memperoleh nilai:

Interval nilai

Nilai kualitatif

3,66 – 4,00

Sangat baik (SB)

2,66 – 3,33

Baik (B)

1,66 – 2,33

Cukup baik (C)

< 133

Kurang baik (K)

 

B.     Pengetahuan

Jawaban benar skor 10

Jumlah soal 10

Nilai = jumlah jawaban benar x jumlah soal

 

C. Ketrampilan

Rubrik Penilaian

Aspek yang dinilai

Kriteria

Grammar

19 – 20

(excellent to very good/sangat baik)

17 – 18

(good/baik)

15 – 16

(fair/cukup baik)

10 – 14

(inadequate/kurang baik)

Vocabularies

Punctuation

Content

Spelling

 

No.

Nama murid

Grammar

Vocabularies

Punctuation

Content

(organization of idea)

Spelling

Tolal skor

1

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 

 

 

D.     Jurnal Perkembangan sikap

No

Waktu

Nama murid

Catatan Perilaku

Butir sikap

Keterangan

(spiritual/social)

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

Tugas remedial

 

Read the text below to answer the following question

 

Dania: How was your holiday Sandra? It was nice?

 

Sandra: My holiday was good. My family and I went to Bali

 

Dania: How long were you in Bali?

 

Sandra: We spent three days there. How about you?

 

Dania: When last holiday I just stayed at home.

 

Sandra: It is okay, you can go to somewhere next holiday

 

1.      Mention 5 words indicated past event (simple past tense)

2.      How was Sandra’s holiday?

3.      Where did Sandra go for holiday?

4.      How long was Sandra in Bali?

5.      How was Dania’s holiday?

 

Selasa, 02 Maret 2021

Tugas Descriptive text

 Describe the following video at least 20 words !




Deskripsikan video di atas paling sedikit 20 kata di kolom komentar!

Kamis, 25 Februari 2021

Penerapan tekhnik Pembelajaran Sosial Emosional (PSE)

 

Tabel Penyusunan Teknik  Pembelajaran Kompetensi Sosial dan Emosional

RUANG LINGKUP

KSE

TEKNIK PEMBELAJARAN  KSE (sesuai dengan jenjang pendidikan murid)

RUTIN (waktu khusus  di luar kegiatan akademik)

                                                                             

Pengelolaan diri - mengelola emosi dan fokus

1.      Teknik: Mindful Eating

2.      Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru:

Minta murid-murid mengikuti Model S-S-S untuk mempraktekkan pola makan dengan berkesadaran.

• Sit - minta anak duduk saat makan,

• Slow - minta anak untuk makan secara perlahan • Savor - minta siswa menikmati makanan mereka (mengunyahnya dengan benar, merasakan tekstur dan rasa dari makanan yang mereka makan).

• Ajak murid untuk merefleksikan perbedaan makan dengan berkesadaran dan tidak.

3.      Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid:Minta murid-murid untuk merasakan makanan yang dimakan dengan indra pengecap mereka secara perlahan sedikit demi sedikit agar benar-benar merasakan makanan yang masuk pada mulut mereka. Setelah itu murid-murid diminta untuk membedakan antara makan seperti biasa dengan cara makan yang baru dilaksanakan.

4.      Penjelasan tentang tujuan: Untuk membiasakan murid-murid melakukan pengelolaan diri dengan penuh dengan kesadaran dan control diri. Selain itu juga diajarkan untuk lebih besryukur.

 

 

 

 

Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab

1.      Teknik: Membuat Jurnal Diri

2.      Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru:

Minta murid menyiapkan sebuah buku tulis yang akan mereka sebut sebagai buku jurnal. Minta mereka menggambarkan ataupun menulis tentang apa yang ada di dalam pikiran dan apa yang dirasakan mereka setelah melakukan berbagai kegiatan pada hari tersebut (Apa yang menarik? Apakah hal baru yang saya lihat? Apakah yang berubah dalam perasaan dan pikiran saya? Apakah yang ingin saya pelajari lebih lanjut?)

3.      Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid:

-          Murid-murid diminta untuk menuliskan perasaan mereka setelah melakukan pembelajaran!

-          Bagian mana yang menarik dalam kegiatan yang telah dilaksanakan?

-          Apa yang harus diperbaiki kedepannya?

-          Apa manfaat dari pembelajaran hari ini?

4.      Penjelasan tentang tujuan: Murid-murid dibiasakan untuk melakukan suatu tindakan yang bias mereka pertanggungjawabkan secara sadar. 

 

 

 

 

 

RUANG LINGKUP

KSE

TEKNIK PEMBELAJARAN KSE (sesuai dengan jenjang pendidikan murid)

Terintegrasi dalam mata pelajaran

 

Pengelolaan diri - mengelola emosi dan fokus

1.      Teknik: Kegiatan Role Play Komunikasi Aktif

2.      Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru:

Setiap murid dipersilakan duduk berpasangan untuk kemudian saling bergantian bercerita. Saat satu murid menceritakan tentang materi yang diberikan.. Murid lainnya berusaha mendengarkan dengan seksama dan bertanya apabila ada materi yang belum jelas. Setiap murid diajarkan untuk mendengarkan dengan penuh kesadaran akan cerita temannya dan berusaha tidak menginterupsi saat temannya sedang berbicara. Mereka dapat bertanya, “Lalu?”, “Bagaimana?”Setelah selesai, pencerita berganti sebagai pendengar. Ajak murid untuk merefleksikan apa yang mereka rasakan saat bercerita maupun saat menjadi pendengar.

3.      Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid: Murid-murid diminta untuk saling mendengarkan penjelasan dari temannya. Setelah itu mereka harus mengaplikasikan sifat saling menghargai. Setelah selesai, yang mendengarkan bertukar posisi menjadi pencerita.

4.      Penjelasan tentang tujuan: Membiasakan murid bisa mengelola diri dan menghargai atar sesama dalam diskusi.

 

 

 

Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab

1.      Teknik:

Kegiatan Menulis Pengalaman Bekerjasama Dalam Kelompok

2.      Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru:

      Berikan instruksi kepada murid untuk mengingat Kembali dan memikirkan kejadian/pengalaman yang pernah dialami saat mereka bekerjasama di dalam kelompok. Ajak mereka untuk memikirkan bagaimana kondisi saat diskusi kelompok berjalan dengan baik dan tidak berjalan baik. Adakah konflik dalaam diskusi tersebut? Ajak murid untuk memberikan kemungkinan atau alternatif lain dalam merespon konflik tersebut.

3.      Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid: Setelah selesai berdiskusi pasti ada konflik yang terjadi dalam diskusi tersebut. Pikirkanlah respon terbaik untuk mengatasi konflik tersebut!

4.      Penjelasan tentang tujuan: Murid dilatih untuk mengambil keputusan bertanggungjawab atas suatu permasalahan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RUANG LINGKUP

KSE

TEKNIK PEMBELAJARAN KSE

(sesuai dengan jenjang pendidikan murid)

PROTOKOL (BUDAYA atau TATA TERTIB)

 

Pengelolaan diri - mengelola emosi dan fokus

1.      Teknik: Memeriksa Perasaan Diri

2.      Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru:

      Ajak murid untuk menuliskan tentang perasaan yang dialami/dirasakan dan isi pikirannya setelah menjalani sebuah kegiatan atau peristiwa yang baru/menyenangkan/menantang lainnya. Gunakan bahasa yang disesuaikan dengan jenjang pendidikan murid.

3.      Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid:

Dalam keadaan memejamkan mata, murid diminta untuk merasakan perasaan mereka secara sadar setelah seluruh pembelajaran berakhir. Setelah itu mereka menuliskannya pada kertas dan ditempel di papan perasaan yang disediakan dikelas.

Contoh:

Hari ini

Secara fisik, saya merasa…/Tubuh saya terasa..

Secara mental, saya merasa…/Pikiran saya…….

Secara emosi, saya merasa…/Saya merasa……...

4.      Penjelasan tentang tujuan: Kegiatan ini dilakukan setiap hari setelah pembelajaran berakhir agar murid secara sadar mengetahui perasaan mereka setelah beraktifitas dan bisa mengelolanya

 

 

Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab

1.      Teknik: Menuliskan ucapan terima kasih

2.      Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru:

      Ajak murid untuk memikirkan seseorang telah berbuat baik terhadap mereka. Dorong mereka untuk mengucapkan terima dan penghargaan atas kebaikan yang sudah diterima. Minta mereka untuk menuliskan

perasaan mereka terhadap kebaikan yang diterima. Tambahkan gambar yang berhubungan dengan kata-kata yang ditulis atau gambar apapun yang disukai orang tersebut. Bila memungkinkan, murid juga dapat mengirimkan ucapan tersebut kepada orang yang dituju. Ajak murid merefleksikan perasaan mereka selama melakukan kegiatan ini maupun setelah melakukan kegiatan ini

3.      Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid: Murid diminta untuk menuliskan rasa terima kasih mereka pada siapapun yang dianggap telah berbuat baik hari itu, baik itu guru ataupun teman. Setelah itu murid diminta jika mau bias menyerahkan tulisan tersebut terhadap orang yang dituju secara langsung.

4.      Penjelasan tentang tujuan: Kegiatan ini bertujuan untuk melatih pengambilan keputusan dalam mengemukakan rasa syukur mereka dan merealisasikanya. Kegiatan ini bias dilakukan setiap hari setelah pembelajaran selesai.

 

 

Selasa, 23 Februari 2021

Descriptive Text #1

 Descriptive Text adalah bacaan yang menggambarkan sesuatu baik itu benda, manusia ataupun binatang melalui wujudnya, sifat ataupun kondisinya. Ada dua  unsur dari descriptive text; Identification dan description.

Identification adalah pembukaan, kita menuliskan secara garis besar tentang apa yang ingin kita gambarkan.

Description adalah bagian dimana kita menggambarkan sesuatu baik dari wujudnya ataupun sifatnya. 

 Contoh teks deskripsi;

My Beautiful Cat

I have a beautiful cat named Marko. He is a male. I love my cat.

He has a beautiful color. It is orange. He has a big bone so his body is so big. He eat a lot of dry food for cat. His hobby is sleeping. I love my cat so much.

Tugas 1!

Silahkan buat teks deskripsi secara singkat. Tulis di kolom komentar!

Selasa, 16 Februari 2021

Past Tense #2

 Read the following text and answer the questions!

I had a beautiful childhood. Sunday was my unforgettable day. In the Sunday morning, watched cartoon program was my first activities. Finished, my friends were waiting for me to play football near my house. It was not ordinary professional football games but just for fun. About 60 minutes we were having fun play football at the field. Felt hungry, we came home to have some lunch. We were regroup soon to get lunch together.

In the afternoon we went to the river to take a bath and swim there. The water was fresh and clean so we were able to play happily. After that we prepared for our religious activities together. Those were my missing activities. 

1. What is the suitable tittle of the text?

2. What was day that unforgettable?

3. What was the first activity?

4. Where was the writer play football?

5. What did the writer do in the afternoon?


Pembelajaran Berdiferensiasi

 


Selasa, 09 Februari 2021

Simple Past Tense#1

 Sebelum kita mempelajari tentang Simple Past Tense, Jawablah pertanyaan berikut ini di kolom komentar!

1. What is the activities done last week? (pembelajaran apa yang dilaksanakan minggu yang lalu)

2. Do you like the activities last week?Why?

Setelah menjawab pertanyaan, perhatikan materi berikut ini!

Simple Past Tense adalah Suatu bentuk waktu yang telah terjadi di masa lalu. Oleh karena itu ada beberapa ciri dari Simple Past Tense ini, diantaranya?

a. Mennggunakan to be ke-2 (WAS/WERE) dan juga kata kerja ke -2

b. Mempunyai kata yang menerangkan waktu yang sudah berlalu seperti ; yesterday (kemarin). last week (minggu yang lalu) ataupun last month (bulan yang lalu)

Contoh kalimat:

1. Budi went to Surabaya yesterday. Budi prgi ke Surabaya kemarin.

 Ket: Budi sebagai Subjek

        Went adalah kata kerja ke -2 yang asal katanya adalah go

        Surabaya adalah objek

        Kemarin adalah kata keterangan waktu lampau

2. They were here last week. Mereka ada disini minggu yang lalu.

Ket: They sebagai Subjek

        Were adalah to be ke-2 yang asalnya adalah are

        here adalah keterangan tempat

    last week adalah keterangan waktu

 

Short Functional Text #Short Message

 Short message is one of the short functional text that show short information from the sender to certain person.  The example  of short mes...